JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Hiburan Recent Update

Air Terjun Cibeureum

Sumber : https://sweetsandveggie.files.wordpress.com
Sumber : https://sweetsandveggie.files.wordpress.com

Jurnalikanews- Air Terjun Cibeureum atau yang dikenal dengan sebutan Curug Cibeureum adalah salah satu wisata alam yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, Cibodas, Jawa Barat. Wisata ini masih termasuk ke dalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.  Curug Cibeureum sendiri cukup populer di kalangan para pendaki yang pernah naik ke Gunung Gede maupun Gunung Pangrango. Biaya yang diperlukan untuk masuk ke dalam Curug Cibeureum cukup murah yaitu Rp.18.500,-/orang.
Selain keindahan dari air terjun ini sendiri, dalam perjalanan menuju kesana kita juga disuguhi pemandangan alam yang indah serta asri, dengan jarak tempuh 2,7 km yang dapat dicapai 45 menit – 1 jam dengan jalan santai. Jalan yang dilalui menanjak dan penuh bebatuan, jalanan tersebut juga menjadi jalur pendakian Gunung Gede Pangrango. Sepanjang perjalanan para wisatawan akan menemukan beberapa pos yang berguna untuk beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan alam yang ada. Pada pertengahan jalan, wisatawan akan melewati jembatan panjang yang terbuat dari batu buatan, dimana jembatan tersebut menjadi tempat untuk beristirahat sejenak sembari mengambil foto.

Sumber : www.brobali.com
Sumber : www.brobali.com

        Curug Cibeureum sendiri sebenarnya terdiri dari tiga air terjun, yatu Curug Cibeureum yang menjadi air terjun utama dan dua air terjun lainnya bernama Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Curug Cibeureum terletak paling kiri dengan aliran air paling deras dan paling pendek. Di kanan Curug Cibeureum terdapat Curug Cidendeng yang lebih kecil dan lebih tinggi, disebelahnya terdapat Curug Cikundul yang tersembunyi diantara tebing. Ketiga air terjun ini berada di ketinggian sekitar 1675 Mdpl dengan memiliki tinggi rata-rata sekitar 40-50 meter. (Al)