JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Inspirasi Recent Update

ALTER EGO ATAU KEPRIBADIAN GANDA?

Kepribadian-Ganda-WEB
 

source image : https://www.go-dok.com/wp-content/uploads/2017/03/Kepribadian-Ganda-WEB.jpg

JurnalikanewsAlter ego adalah diri kedua yang dipercaya berbeda dengan diri sebenarnya. Individu yang memiliki alter ego seakan memiliki kehidupan yang lain. Keberadaan “diri yang lain” telah pertama kali dikenali pada tahun 1730-an. Anton Mesmer menggunakan hipnotis untuk memisahkan Alter ego. Percobaan ini menunjukkan pola perilaku berbeda dari kepribadian individu dalam keadaan sadar dibandingkan saat terhipnotis. Karakter lain dikembangkan dalam kesadaran yang berubah tetapi dalam tubuh yang sama.
Sedangkan kepribadian ganda adalah gangguan kepribadian majemuk. Gangguan ini ditimbulkan dari trauma parah pada masa kecil dan remaja. Individu biasanya mengalami pengalaman traumatis yang cukup ekstrem dan terjadi berulang kali yang mengakibatkan terbentuknya dua atau lebih kepribadian yang berbeda. Masing-masing kepribadian memiliki ingatan sendiri, kepercayaan, perilaku, pola pikir, serta cara melihat lingkungan dan diri mereka sendiri. Setidaknya dua kepribadian ini secara berulang memegang kendali penuh atas tubuh si individu.
Persamaan antara alter ego dan kepribadan ganda terletak pada suatu individu memiliki “individu lain” dalam tubuhnya. Individu yang memiliki alter ego dapat mengingat apa yang terjadi saat “individu lain” miliknya menguasai tubuhnya, sedangkan individu yang memiliki kepribadian ganda tidak dapat mengingat apa yang terjadi saat “individu lain” miliknya menguasai tubuhnya.(IA)
Sumber
Gambar :
https://id.m.wikihow.com/Menciptakan-Alter-Ego
Isi :
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Dissociative_identity_disorder#/editor/0
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Alter_ego
https://www.google.co.id/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/memiliki-alter-ego-normal-atau-tidak/amp/