JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Internal

“Pergerakan Mahasiswa Tak Akan Pernah Mati”

pidato presma 2018 pic 1Jurnalikanews- Rapat Umum Anggota IMAKA telah selesai dilaksanakan pada 28 Januari 2018, yang bertepatan dengan dilantiknya pasangan Fatarizky Muhammad-Muhammad Taufik Putra sebagai Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Politeknik AKA Bogor (IMAKA) Periode 2018/2019.

Pidato Awal Presiden IMAKA berlangsung di kelas 3A, gedung perkuliahan, (07/02) dengan tema “Masa Lalu, Masa Kini, dan Masa yang Akan Datang”. Pidato ini merupakan momentum pendeklarasian cerminan harapan, arahan, sekaligus dorongan untuk IMAKA di keperiodean baru.

Presiden Mahasiswa IMAKA memiliki banyak impian dan harapan untuk seluruh mahasiswa. Beliau menitipkan pesan untuk seluruh mahasiswa agar tetap menjadi inisiator di linkungan-nya berada. Terdapat empat poin penting yang ia tekankan, yakni menjadi inisiator di lingkungan pemerintahan, masyarakat, IMAKA, dan agama. “Empat arahan itu merupakan himbauan untuk mahasiswa Politeknik AKA Bogor”, tegas-nya.

Menjadi inisiator tak perlu untuk mengikuti organisasi, menjadi inisiator tak perlu untuk menjadi presiden, menjadi inisiator tak perlu untuk menjadi ketua komponen. Siapapun, mahasiswa wajib untuk berkreatif”, tambahnya. Presiden mahasiswa juga berpesan untuk seluruh komponen agar bergerak bersama dan mengenalkan apa itu jurnalistik, pencinta alam, seni budaya serta, arti dari sebuah toleransi antar umat beragama kepada masyarakat.

Berikut kutipan pidato awal Presiden Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Politeknik AKA Bogor:

Hari ini, menjelang 20 tahun reformasi. 1998.

Detik ini, 2018,

Kita telah mengenal napas perjuangan baru,

Seorang aktivis, yang sampai saat ini masa transisi masa ini,

Dilaksanakan di kampus tercinta,

Khususnya organisasi terbesar IMAKA,

Diamnya mahasiswa adalah kekuatan,

Tapi bergeraknya mahasiswa adalah  harapan untuk sebuah bangsa.

Bangsa ini rindu dengan gerakan-gerakan mahasiswa yang pernah tersematkan namanya,

….

Keluarlah dari zona nyaman, keluarlah dari zona aman,

Karena sejatinya jiwa mahasiswa bukan di kelas,

Ada saatnya kita jadi orang yang kritis atau pengamen jalanan.

Menjadi inisiator di kalangan pemerintah,

Masyarakat adalah mediator kita,

Sebagaimana masyarakat membutuhkan orang-orang yang jenius, intelektual, untuk menyambungkan keresahan mereka terhadap pemerintahan

Mahasiswa adalah peran penting bagi dunia

Karena itulah tujuan mahasiswa.

Temani saya, diperjuangan ini.

pidato presma 2018 pic 2Beliau mendapatkan pesan perjuangan dari Presiden Mahasiswa sebelumnya, yakni M. Fauzi Ramadhan, bahwa tetap jagalah keharmonisan antar komponen dan jalin kerjasama untuk IMAKA, serta untuk Indonesia. Beliau juga menitipkan beberapa program untuk tetap dilanjutkan, yaitu ekonomi kreatif setiap komponen dan KESMA bertanya. Harapan lain Fatarizky Muhammad untuk IMAKA, yakni agar IMAKA dapat mengenal apa arti sosial yang sasarannya adalah masyarakat, serta IMAKA tahun 2018 arah geraknya adalah sosial.

Dies Natalis Politeknik AKA Bogor akan menjadi inovasi-nya, dimana acara ini adalah acara semua komponen yang harus terlibat, memberikan kontenan acara dan mengundang masyarakat, serta menjadi ajang silaturahmi alumni Politeknik AKA Bogor. Dalam segi akademik, alumni dalam IKA-AKAB akan membantu prosedur pembelajaran melalui seminar atau kepidaran dengan memberikan penjelasan dalam berbagai mata kuliah sehingga alumni turun langsung seperti halnya mentoring, namun di bidang akademik.

Kabinet adalah hal yang penting untuk menjalankan pemerintahannya. Presiden mahasiswa mempunyai strategi  dalam penyusunan kabinet. Menurutnya, kabinet adalah keluarga. Kabinet adalah bagian ibu-bapak-nya IMAKA. Maka satu asas yang diterapkannya untuk penentuan kabinet yaitu kekeluargaan dan profesionalitas. Karena itu adalah pembelajaran bagi kita semua. Kabinetnya akan segera dibentuk sebelum pemilihan ketua OKPK atau sekitar bulan Maret.

IMAKA bukan hanya milik satu orang, IMAKA bukan hanya beban untuk satu orang. Tapi, IMAKA adalah kita semua, mahasiswa Politeknik AKA Bogor. Mari kita wujudkan impian kita bersama, mari kita bersatu untuk satu tujuan, ‘’IMAKA YANG LEBIH BAIK’’. (AV/Ily)