JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Tips

Tips Menghemat Penggunaan Internet

o_1ajjc9s1g1uqp47sjih1gs0138fa

      Jurnalikanews- Banyaknya pengguna smartphone membuat penggunaan internet semakin marak. Konsekuensi logis dari menggunakan smartphone adalah konsumsi internet yang tinggi. Hampir semua fitur dan aplikasi yang kamu gunakan di perangkat pintar itu butuh internet agar bisa beroperasi. Penggunaan yang bijaksana bukan berarti harus mengekang kecerdasan gadget andalan kamu, tetapi harus mengelola konsumsi internet agar kecerdasannya bisa dimanfaatkan di waktu yang tepat. Berikut ini kita sajikan beberapa tips agar kuota anda lebih hemat :

  1. Nonaktifkan Auto-Update pada Aplikasi

          Konsumsi terbesar lainnya adalah saat smartphone Android kamu tiap kali harus melakukan update di Google Play. Untuk mengatasi hal ini, kamu cukup masuk ke Play Store, kemudian set opsi auto-update menjadi Do not auto-updates apps, atau Auto-update apps over Wi-Fi only.

           Jika kamu diharuskan untuk melakukan update pada aplikasi yang kamu miliki, lakukanlah secara manual. Pilih My Apps, kemudian lihat satu per satu mana yang kamu butuhkan untuk segera diperbarui.

     2.Batasi Penggunaan Data di Latar Belakang

          Setelah mengenali aplikasi yang paling rakus data, kamu bisa dengan mudah membatasi aplikasi itu di Android. Salah satu caranya adalah dengan mengontrol aktivitasnya saat tak sedang tampil di layar utama. Di Android ini disebut membatasi background data. Background data merupakan pemakaian data internet yang terjadi saat kamu tidak menggunakannya. Contohnya adalah sinkronisasi email, update feed, widget cuaca, dan lain sebagainya.

          Cara mengaktifkan fitur ini adalah dengan masuk ke menu Settings, lalu pilih Data Usage, kemudian pilih Restrict Background Data. Jika kamu mau mengaturnya satu per satu, kamu bisa mengunjungi setiap aplikasi yang kamu sudah install sebelumnya.

          Apabila ingin mematikan siknkronisasi email, kamu bisa masuk ke Settings, masuk ke Account Google, lalu matikan auto-sync, sehingga kamu harus memeriksa email kamu secara manual.

        3.Mainkan Game Offline

         Salah satu daya tarik utama ponsel pintar adalah game. Tetapi, game juga konten yang rakus menelan data internet kamu. Karenanya, sangat dianjurkan saat memainkan game matikan koneksi internet di ponsel kamu. Mainkan saja game tanpa koneksi internet.Tetapi untuk game yang tak punya opsi main offline, kendalinya ada pada kamu. Sebaiknya kamu tak terlalu sering memainkannya.

  1. Opera Berikan Kenyamanan Mengompresi Video

Opera_2015_logo.svg

      Browser Android lain, Opera, juga memiliki fitur yang sangat berguna yang bernama Data Savings. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengompresi video di internet. Kamu tentu tahu, video adalah salah satu konten yang boros internet. Untuk mengaktifkannya, kamu perlu unduh browser Opera, kemudian pilih Settings, dan klik Data Savings.

  1. Ingat, Ada Teknologi Bernama Bluetooth

        Tips di atas memang menyisakan pertanyaan. Lalu bagaimana cara berbagi foto/video piknik?. Ingat, masih ada yang namanya teknologi Bluetooth. Ini bisa jadi solusi bagi kamu yang tak mampu menahan nafsu berbagi foto. Tetapi sayang, solusi ini hanya bisa digunakan untuk berbagi foto bagi mereka yang secara fisik sedang berada di sekitar kamu. (RK)