JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update Tips

Cara Ampuh! Anti mahasiswa “Ngenes” di akhir bulan

Cara-Mahasiswa-Mendapatkan-Uang-1

     Jurnalikanews- Kuliah emang satu kegiatan yang gak melulu tentang belajar, apalagi buat loe yang keluar dari sarang hanya demi mengenyam pendidikan di bangku kuliah alias anak rantau. Yapp, bagi loe yang segolongan ama gue, pasti ada masa-masa horor buat kita apalagi kalo bukan soal finansial alias kantong mahasiswa yang kering akibat tanggal tua. Dan yang parahnya lagi, orang tua di kampung halaman belum meluncurkan peluru emasnya ke rekening kita. Duh, kalo udah gini pasti si mie instan mendadak berubah jadi malaikat penolong kondisi perut. Padahal loe pasti udah taukan kalo si mie instan itu gak baik loh kalo di makan terus menerus, selain bukan 4 sehat 5 sempurna makan mie instan yang berlebihan juga bisa buat loe obesitas alias kegedutan. Parahnya lagi loe bisa sakit yang bermacem-macem dan aktivitas kuliah loe gak semulus jalan tol atau loe bisa ngulang mata kuliah gara-gara sakit akibat dari makan mie instan yang terus-terusan, bukannya ngehemat malah loe nambah pengeluaran yang tak terduga, terlebih lagi loe harus ngulang buat belajar matkul itu, tuh kan efeknya kemana-mana cuma gara-gara mie instan, Pada gak mau kan…..?

        Oke, pada artikel kali ini gue bakal bahas tips atau cara agar masa horor itu gak menyerang ke kita yang notabenenya anak rantau yang ngekost, cek it out……

  1. Buat list pengeluaran tiap bulan

      Hal ini merupakan salah satu cara agar kita tau diri sebagai anak kost. Di awal bulan loe bisa ngelist apa aja yang bakal jadi pengeluaran loe sampai akhir bulan. Mulai dari makan, bayar kost, bayar listrik, bayar air, beli buku, fotocopy, uang semesteran, jalan-jalan, nonton, dll (gak ada abisnya kalo disebutin satu per satu). Nah, dari situ loe buat pengeluaran rutin dan non rutin, mana yang pasti keluar di bulan itu dan mana yang bisa loe tahan buat menghemat pengeluaran di tiap bulan. Saat orang tua udah ngirim uang, cepet-cepet tuh loe masukin di amplop yang berbeda buat rutin dan non rutin, dengan begitu loe bisa tau pengeluaran loe tiap bulan berapa duit, dan gimana caranya biar loe ngehemat. Kalian kan udah gede bro, pasti paham lah,,

 

  1. Menabunghipwee-Menabung-1

“Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya” siapa yang gak kenal pepatah ini, mulai dari sekolah dasar pasti udah dikenalin sama kalimat beginian. Jadi simpel guys, kalo mau kaya kita berhemat, dan caranya biar hemat kita nabung dari uang  bulanan yang didapat. Ya intinya sih loe harus bisa nyisihin uang jajan loe buat nabung, karna sewaktu-waktu loe pasti ngalamin yang namanya pengeluaran tak  terduga. Nah, uang tabunganlah yang berperan  aktif, jadi loe gak perlu ngutang sana-sini kan?

  1. Cari kerja sampingan

part-time-1

Kuliah emang sibuk sih, tapi disini loe harus pinter-pinter ngatur waktu buat segala aktifitas loe,  sehingga loe bisa kerja part time dan dapet tambahan uang saku bulanan yang bisa nolong lo dimasa-masa krisis. Etss… tapi disini loe harus konsisten dan bener-bener memperbaiki menagement waktu loe untuk kuliah serta kerja paruh waktu.

  1. Puasa Sunnahpuasa-17

Masyaallah… tips kali ini religius banget ya.. dear orang-orang mukmin, puasa juga bisa melatih kalian bersikap toleransi terhadap sesama kok, bonus dari Allah adalah pahala dan syurga (hayoo siapa yang gak mau..). Dengan berpuasa kita bisa ngirit uang jajan sehari lohh, apa lagi kalau puasa-puasa sunnah lainnya di kerjain, loe tambah kece deh.

  1. Stop Merokok

wpid-1384709219713407930-1Guys, pabrik rokok itu sebenarnya udah menyampaikan pesan secara tersurat loh, “merokok dapat menyebabkan kanker, hipertensi, gangguan kehamilan dan bla bla bla” tapi tetep aja sebagian orang masih memilih untuk tetap merokok. Nah, buat loe para mahasiswa perantauan dan hidup ngekost, jangan coba-coba deh ngerokok. Kalau dipikir-pikir kan sayang uangnya kebakar gitu aja buat rokok. Coba kalau buat beli makan kan kenyang, atau uangnya buat beli buku pelajaran biar loe gak ngulang semester, yang pasti lebih bermanfaat dan barokah deh.

  1. Mandiri

Budaya sensor mandiri-1MANDIRI is Masak sendiri, nyuci sendiri, nyetrika sendiri,dll, ya intinya loe harus mandiri. Menurut gue, ini salah satu cara ampuh  buat menekan budget hidup kita selama di perantauan. Loe beli sayur mateng 10.000 sekali makan, tapi kalo loe beli sayur mentah 10.000 udah bisa buat 2-3 kali makan bro, hemat banget kan?. Terus, kalo loe ngelaundry itu gue saranin jangan semua baju di laundry (bisa bisa abis sebelum waktunya deh duit loe), mungkin bisa spray, selimut, boneka, atau karpet kain yang gak sanggup kalo loe cuci sendiri. Lumayan loh tips MANDIRI ini berguna banget buat masa depan loe yang lebih cerah, hehee.

         Yaap, itu beberapa tips dari gue sebagai golongan mahasiswa perantauan yang ngekost, semoga bermanfaat dan kita semua bisa melewati masa-masa horor itu. Yang pasti gak jadi mahasiswa  ngenes di akhir bulan, Bye. (Nrh)