JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Try Out Jarvis Mandiri dan Webinar Pengenalan Kampus Politeknik AKA Bogor


Sumber foto: dokumen pribadi

Jurnalikanews – Minggu, 18 Juli 2021 telah berlangsung acara Try Out Jarvis Mandiri dan Webinar Pengenalan Kampus Politeknik AKA Bogor dengan pembicara Bapak Reza Mulyawan, salah satu dosen di Politeknik AKA Bogor. Acara dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom yang dimulai pada pukul 07.30 WIB dan diikuti oleh siswa-siswi SMA/SMK dan MA sederajat.  Acara di awali dengan pembacaan tilawah, sambutan dari ketua pelaksana, presiden mahasiswa Ikatan Mahasiswa Politeknik AKA, dan Direktur Politeknik AKA Bogor. Kemudian dilanjutkan dengan webinar yang bertemakan “Membangun Sumber Daya Manusia dalam Laju Industri di tengah Pandemi Covid-19 bersama Politeknik AKA Bogor” dan diikuti dengan pelaksanaan Try Out Jarvis Mandiri.

Tujuan pelaksaan Try Out Jarvis Mandiri selain memberikan gambaran mengenai ujian Jarvis Mandiri yang akan dilaksanakan, juga sebagai wadah para peserta untuk latihan mempersiapkan ujian Jarvis Mandiri dan memupuk rasa percaya diri. Pemilihan tema webinar “Membangun Sumber Daya Manusia dalam Laju Industri di tengah Pandemi Covid-19 bersama Politeknik AKA Bogor” ditujukan untuk memperkenalkan kampus Politeknik AKA Bogor yang merupakan kampus vokasi dengan keunggulannya dalam prospek kerja dan diposisikan pada saat ini sedang keadaan pandemi Covid-19, sehingga tercetus tema tersebut. Bapak Reza Mulyawan sebagai pembicara yang merupakan dosen berpengalaman dalam mengisi webinar pengenalan kampus sangat cocok dengan tema yang dibawakan dan menjadikan webinar ini lebih hidup dan menarik.

Sumber foto: dokumen pribadi

Menurut Akmal selaku ketua pelaksana, para peserta cukup antusias dalam mengikuti acara ini meskipun dilaksanakan secara daring. Jaringan peserta yang kurang stabil menjadi salah satu kendala dalam acara. Selain itu, terdapat kendala teknis pada perangkat peserta yang perlu dilakukan penyesuaian terlebih dahulu sehingga mengharuskan panitia membantu mengarahkan para peserta untuk men-setting-nya.

Salah satu hal yang menarik dari acara ini yaitu biaya pendaftaran para peserta sepenuhnya akan didonasikan untuk bantuan terhadap pandemi Covid-19 berupa pangan. “Rencana kami itu akan menyumbangkan donasi tersebut ke pihak ACT (Aksi Cepat Tanggap) untuk membantu menyalurkan donasi ke target kami yaitu orang-orang yang terdampak Covid-19 terkhusus untuk bantuan pangan, karena selama masa PPKM ini pasti banyak yang dibatasi sehingga menimbulkan kesulitan untuk beberapa orang”, ungkap Muhammad Akmal Ramadhon.

Mendapatkan amanah sebagai ketua pelaksana, Akmal mengaku senang dan bangga karena bersama panitia yang lain, mereka dapat membantu para peserta untuk memberikan wadah latihan menghadapi ujian Jarvis Mandiri, selain itu kepanitiaan ini juga menjadi keluarga baru untuknya di Politeknik AKA Bogor. Akmal berharap acara Try Out Jarvis Mandiri tahun depan memiliki inovasi yang lebih baik lagi sehingga bisa menarik para peserta untuk ikut serta dalam acara ini. (ANS/SS)