JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update Tips & Trick

Tips and Trick Belajar Online agar Efektif

Sumber : edukasi.kompas.com

Jurnalikanews – Halo teman-teman semuanya, di masa pandemi kali ini, kita pasti diwajibkan oleh pemerintah belajar/kuliah secara daring, baik melalui Zoom, Google meet, Google classroom,dan sebagainya. Nah, jika kita belajar melalui online/daringseperti ini pasti bawaannya malas bukan? Berbeda dengan belajar di sekolah yang bikin kita semangat karena bisa bertemu langsung dengan teman, guru ataupun pacar. Apalagi ketika belajar/kuliah melalui Zoom, pasti kadang kita ngerasa bosan dan mengantuk bukan? Meskipun kita sudah bosan dengan metode pembelajaran melalui daring tapi kita harus bisa beradaptasi, karena jika kita memaksakan untuk secara luring dengan keadaan yang masih terdampak pandemi akan lebih berbahaya, maka dari itu kita sebagai pelajar/mahasiswa harus menaati peraturan pemerintah agar mata rantai Covid-19 terputus. Nah, Kali ini ada tips and trick agar belajar melalui daring lebih menyenangkan dan efektif, yakni dengan cara:

  1. Jika sedang belajar/kuliah melalui zoom, usahakan tetap mengaktifkan kamera, hal ini dikarenakan agar kita fokus dengan layar laptop/smartphone kita, karena aktivitas kita akan terekam oleh orang lain. Jadi, jika kita ingin rebahan maka akan berpikir dua kali untuk melakukannya.
  2. Cari tempat yang membuat Anda nyaman, ini hal yang paling penting. Jangan ambil tempat yang ramai ataupun berisik, itu akan mengganggu fokus kita dalam belajar.
  3. Tetap fokus dengan layar dan abaikan gangguan yang lain seperti notif whatsapp ataupun hal-hal yang sekiranya mengalihkan fokus kita dalam belajar.
  4. Jika sedang mengerjakan tugas, usahakan ajak teman untuk mengerjakan bersama-sama. Karena selain agar kita fokus pada tugas kita, mengajak teman juga agar kita tidak terasa bosan saat mengerjakannya.
  5. Jika tidak ada teman belajar, Anda bisa belajar sambil mendengarkan lagu mellow yang menyejukkan hati Anda, agar terasa nyaman saat belajar.

Nah itu dia Tips and Trick agar belajar secara daring lebih efektif. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? (AA)

Tinggalkan Balasan