JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Hiburan Inspirasi Recent Update Saduran

Pesona Negara Indonesia yang Mirip dengan Negara Luar

Jurnalikanews- Indonesia selalu memiliki keunikan, ciri khas, dan keanekaragaman yang memanjakan mata. Pesona Indonesia yang dimiliki tak kalah jauh jika dibandingkan dengan negara luar. Salah satunya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo, yang terletak di Yogyakarta. Tepatnya berlokasi di Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul, DIY. Yogyakarta memang dikenal dengan sebutan kota pelajar, akan tetapi ia pun dikenal dengan kota pariwisata.

Keindahan alam Gumuk Pasir Parangkusumo diklaim merupakan salah satu dari 3 gumuk pasir se-Asia Tenggara. Keindahan alam ini dijadikan objek wisata sehingga kita bisa berkunjung ke tempat ini sewaktu-waktu, tanpa perlu ke Gurun Sahara Afrika untuk merasakan sensasi pijakan di atas gumuk pasir. Tempat ini dijuluki gurun pasir mini karena hamparan gumuk pasir yang luas dengan panjangnya kurang lebih 2 km.

Tempat ini bisa dijadikan sebagai spot foto yang cantik. Tempat spot foto yang biasa orang kunjungi yaitu papan tulisan berwarna merah yang menyebutkan nama lokasi. Kemudian, karena dari namanya saja gumuk pasir maka sudah pasti yang kita lihat yakni hamparan bukit pasir pasir. Selain itu ada pohon kaktus yang unik, jika kalian kepanasan maka bisa berteduh di bawah pepohonan sekitar gumuk. Tentu saja terdapat beberapa kursi yang disediakan di sana.

Disini juga dapat dijadikan sebagai spot untuk foto prewedding dan sebagai tempat berburu sunset. Biasanya tempat ini ramai di sore hari karena cuaca yang sudah tidak panas, banyak juga yang ingin mengambil foto sunset yang menarik.

Terakhir, tempat ini juga disiapkan untuk pengunjung yang ingin berolahraga. Tentu olahraga ini cukup ekstrem, yakni sandboarding. Sandboarding adalah olahraga papan yang mirip dengan seluncur salju yang melibatkan naik melintasi atau menuruni bukit pasir. Olahraga ini sulit dilakukan bagi mereka yang tidak terbiasa atau pemula.

Itu dia keindahan alam Indonesia yang dapat kita kunjungi tanpa perlu pergi ke luar negeri. Semakin kita mengenal negara kita, makin banyak pula pesona yang ia tunjukkan. (MAN)

Referensi :

https://www.idntimes.com/travel/journal/arshinara/7-fakta-yang-bikin-gumuk-pasir-di-jogja-wajib-kamu-kunjungi-c1c2/7

https://visitingjogja.com/26442/bermain-ke-gumuk-pasir-parangkusumo-yang-populer-hingga-ke-korea/

Tinggalkan Balasan