JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update Tips & Trick

Tips Seru Belajar Bahasa Inggris

Sumber : www.toplanguagecourse.com

Jurnalikanews – Bahasa Inggris merupakan bahasa tertua di dunia yang dijadikan sebagai bahasa internasional. Saat ini, menguasai bahasa Inggris telah menjadi kemampuan penting yang harus dimiliki setiap orang. Kemampuan berbahasa Inggris ini juga berpengaruh pada penilaian saat melamar pekerjaan. Bisa dikatakan, menguasai bahasa Inggris menjadi suatu kewajiban, sementara menguasai bahas asing lainnya akan menambah nilai diri. Oleh karena itu, bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran yang harus mulai diajarkan sejak dini.

Namun kenyataannya tidak semua orang atau bahkan tidak semua pelajar dan mahasiswa mampu berbahasa Inggris dengan baik. Banyak di antara mereka yang merasa tidak pandai dalam menggunakan bahasa Inggris. Banyak yang merasa kesulitan hingga akhirnya tidak benar-benar mempelajarinya. Banyak yang merasa bingung bagaimana caranya untuk memulai belajar bahasa Inggris. 

Sebenarnya, terdapat bermacam-macam tips dan cara yang bisa dilakukan untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak. Sudah banyak orang yang menerapkan cara ini dan berhasil tentunya. Inilah beberapa tips seru yang bisa dilakukan untuk belajar bahasa Inggris:

  • Sering-sering membaca kamus bahasa Inggris

Kamus bahasa Inggris adalah sesuatu yang wajib dimiliki untuk mempermudah Anda belajar bahasa Inggris. Sering membaca kamus akan menambah kosa kata. Selain itu, kamus bahasa Inggris juga bisa menjadi referensi pada saat Anda membaca, menulis, atau mendengar kata-kata yang kurang dimengerti. Pada era digital saat ini, Anda bisa dengan mudah memperoleh kamus bahasa Inggris yaitu hanya dengan mengunduh aplikasinya pada ponsel.

  • Mendengarkan lagu

Apabila Anda suka mendengarkan lagu, mulailah mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Hal ini akan membantu Anda untuk menemukan kosa kata baru. Anda juga bisa tahu cara menggunakan kata tersebut dalam frasa atau kalimat. Selain itu, mendengarkan lagu dapat meningkatkan kemampuan mendengar atau listening.

  • Nonton film

Nonton film bisa menjadi salah satu sarana yang seru untuk belajar bahasa Inggris. Terutama untuk Anda yang gemar menonton film-film luar negeri. Anda bisa coba menonton film yang berbahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Namun apabila merasa kesulitan, Anda bisa mengaktifkan subtitle bahasa Indonesia dahulu, tetapi tidak disarankan untuk langsung membaca subtitlenya. Anda bisa menonton sambil menerka adegan tersebut tentang apa, barulah jika ingin memastikan, Anda bisa cek subtitlenya.

  • Baca komik atau novel

Cobalah membaca komik atau novel dalam bahasa Inggris. Tidak harus komik atau novel, Anda bisa membaca artikel, majalah, biografi, atau bacaan lain yang menarik. Membaca akan memperkaya pemahaman serta membuat Anda terbiasa dengan penggunaan kata dalam kalimatnya.

  • Coba menulis sesuatu dalam bahasa Inggris

Menulis menjadi salah satu cara yang bisa diandalkan. Dengan menulis, Anda akan lebih mengingat kosa kata yang sudah Anda hafal. Menulis juga dapat membantu Anda mempelajari tata bahasa dalam bahasa Inggris.

  • Gunakan aplikasi di ponsel

Kini telah hadir berbagai aplikasi untuk belajar bahasa Inggris di ponsel yang bisa diunduh dengan mudah. Banyak aplikasi yang menyajikan metode seru agar Anda tidak bosan saat mempelajarinya. Aplikasi semacam ini juga bisa membantu Anda untuk melatih menulis, membaca, dan mendengarkan dalam bahasa Inggris.

  • Cari partner latihan

Bahasa merupakan salah satu keahlian yang harus sering digunakan agar bisa menjadi mahir. Anda bisa mencari teman yang lebih pandai berbahasa Inggris untuk menjadi lawan bicara Anda. Dengan sering mempraktikkannya, Anda akan terbiasa berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Selain itu, Anda bisa mengikuti komunitas atau kelompok yang menggunakan bahasa Inggris juga.

Itulah beberapa tips seru yang bisa Anda coba untuk belajar bahasa Inggris. Namun ada satu hal yang menjadi tambahan, Anda harus tekun dan percaya diri. Dua hal tersebut menjadi kunci agar bisa benar-benar mahir dalam berbahasa Inggris. Anda harus selalu belajar dan berlatih karena semuanya pasti membutuhkan proses hingga bisa sampai dikatakan mahir. Selain itu, percaya diri juga menjadi kunci. Anda harus percaya diri untuk menggunakan bahasa Inggris yang telah dipelajari, mengajak orang lain bicara, hingga presentasi dengan bahasa tersebut. (DKA)

Tinggalkan Balasan