JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Gaya Hidup Inspirasi

Mau Kerja? Fresh Graduate Harus Punya Motivasi Ini!

Sumber : https://glints.com/id/lowongan/fresh-graduate-susah-dapat-kerja/

Jurnalikanews – Akhirnya perjuangan kamu di perguruan tinggi sudah sampai garis akhir. Sekarang waktunya untuk melangkah ke tingkat baru, yaitu dunia kerja. Di sinilah tempat kamu menerapkan semua ilmu yang didapat dari perguruan tinggi. Namun mencari pekerjaan tidaklah semudah yang kamu bayangkan.

Sebagai seorang fresh graduate, pengalaman kerjamu sangat minim. Hal ini menjadi salah satu penyebab kenapa fresh graduate kurang dilirik oleh perusahaan-perusahaan. Jumlah pencari kerja di Indonesia pun bertambah banyak setiap tahunnya. Menurut Badan Pusat Statistik, jumlah angkatan kerja di Indonesia per bulan Agustus mencapai 138,22 juta orang. Pada tahun 2021, angka tersebut naik sebanyak 0,24%.

Angka tersebut memang angka yang besar, namun dengan memiliki persiapan yang tepat kamu bisa tampil menonjol di antara pelamar yang lain. Ketika memasuki dunia kerja, motivasi akan menjadi landasan penting untuk bertahan. Dilansir dari jadikaryawan.com, ada beberapa jenis motivasi kerja. Yuk disimak!

  • Motivasi agar terjamin secara finansial dan memiliki jabatan yang didambakan

Motivasi ini adalah motivasi yang paling biasa digunakan untuk memberi semangat dalam bekerja. Memiliki gaji yang optimal setiap bulannya tentu akan memudahkan dalam hidup, serta akan membantu memenuhi kebutuhan hidup baik itu kebutuhan primer, sekunder, ataupun kebutuhan tersier. Gaji bulanan juga bergantung pada posisi atau jabatan di suatu perusahaan.

Karyawan yang memiliki mendambakan suatu jabatan sebagai motivasi utamanya akan mendedikasikan pekerjaan mereka dan terus menerus mendorong batasan mereka. Dengan jabatan yang diincar, maka mereka akan selalu berusaha untuk meningkatkan skill yang

dimiliki untuk mendukung karirnya. Tanpa sadar, karyawan akan dipaksa untuk bersaing dengan rekan kerjanya. Menjadi yang terbaik di antara teman kantor, dan akhirnya menjadi staf yang unggul.

  • Belajar dan mencari pengalaman

Karyawan yang menjadikan motivasi ini sebagai landasan mereka biasanya adalah karyawan yang memiliki pemikiran jangka panjang. Contohnya seperti ingin belajar menjadi karyawan sebelum membangun perusahaan sendiri, bagaimana SOP di sebuah perusahaan berjalan, dan lain-lain. Motivasi ini biasa dijadikan motivasi oleh para fresh graduate atau karyawan yang masih dalam proses magang atau training. Dengan pengalaman yang didapat, mereka akan memiliki kelebihan ketika mencari pekerjaan yang lebih baik.

  • Bekerja karena ibadah

Ibadah adalah hal yang penting dan patut diutamakan dibandingkan dengan gaji, jabatan dan pengalaman. Bekerja itu sendiri merupakan ibadah, baik itu untuk menafkahi keluarga atau membantu meringankan beban orang tua. Dengan gaji yang dimiliki, mereka dapat beramal dan membantu sesama. Orang yang memiliki motivasi ini biasanya tidak terlalu memikirkan jabatan atau gaji yang tinggi. Selama pekerjaan yang digeluti merupakan pekerjaan halal, mereka akan selalu bekerja dengan penuh kejujuran. (ANS)

Tinggalkan Balasan