JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Gaya Hidup Inspirasi Recent Update Saduran

Mengubah Gaya Hidup Mahasiswa Kos-kosan

Sumber : https://rencanamu.id/assets/file_uploaded/blog/1570700678-kos.jpg

Jurnalikanews – Cara mengatur keuangan anak kos menjadi tantangan tersendiri bagi para anak kos. Pasalnya, menerapkan cara mengatur keuangan bagi anak kos yang tepat akan membuat sejahtera meski akhir bulan. Padahal, hidup ngekos berarti harus memenuhi sendiri mulai dari tempat tinggal, makan, hingga kebutuhan sehari-hari lainnya. Kondisi itu membuatmu mau gak mau harus tahu cara hidup hemat, meski sebenarnya orangtua gak bakal marah kalau uang saku habis di tengah bulan. 

Nah, menerapkan cara mengatur keuangan anak kos bisa membuatmu belajar hidup mandiri dan gak merepotkan orangtua lagi. Ini juga bisa jadi bekal kamu di masa mendatang.

1. Buat daftar pengeluaran untuk sebulan

Yang pertama, buat daftar pengeluaran yang gak melebihi uang saku dari orangtua. Gimana cara memulainya? Kamu bisa bikin daftar pengeluaran mulai dari yang terpenting sampai rekreasi. Segera sisihkan uang untuk hal terpenting, seperti bayar kos, uang kuliah, listrik, dan belanja bulanan.

2. Jatah uang yang kamu pegang per hari

Nah, buat makan per hari, kamu bisa jatah uang saku yang disimpan dalam amplop. Dengan cara ini, kamu bakal meminimalisasi keinginan buat belanja yang gak penting. Ini karena uang yang kamu pegang pas-pasan hanya buat hari itu.

3. Cari tempat makan level mahasiswa

Cara hidup hemat yang satu ini wajib banget dicoba. Sering kali kamu kehabisan uang di tengah bulan sebenarnya bukan karena belanja. Saat kamu cek lagi barang-barang di kosan, kamu lihat gak ada yang baru. Jadi ke mana uangnya? Setelah diintrospeksi, ternyata kamu malah sering makan atau sekadar nongkrong di tempat mahal. Nah, mulai sekarang, lebih baik hemat-hemat uang saku sejak awal bulan. Anggap awal bulan itu layaknya akhir bulan. Pilih tempat makan yang murah yang emang buat mahasiswa. Intinya, jangan sampai kamu di akhir bulan harus makan mi instan setiap hari.

4. Kurangi beli air mineral botol saat ke luar kosan

Satu botol air mineral 600 mL harus kamu tebus dengan Rp4.000. Coba kamu kalikan Rp4.000 selama 30 hari, sudah Rp120 ribu saja. Dengan Rp120 ribu, kamu udah dapat 5 galon Aqua. Mulai sekarang kamu mending bawa tumbler sendiri. Kalau pun air minum yang kamu bawa habis saat masih di luar, kamu masih bisa isi ulang gratis ke warteg terdekat pas makan siang. Lumayan banget kan cara hidup hemat ini?

5. Hanya sediakan uang pas di dompet

Cara hemat uang lainnya yang bisa dilakukan adalah hanya menyediakan uang pas di dompet.  Dengan membawa uang seperlunya, secara otomatis kamu pun hanya akan membeli hal yang diperlukan. Cara ini bisa membantumu batasi pengeluaran secara efektif. 

Itu dia pembahasan seputar gaya hidup hemat anak kost agar makin sejahtera. Nggak cuma anak kost aja yang bisa mencobanya, siapapun bisa melakukan cara-cara tersebut asal melakukannya dengan konsisten. Selamat mencoba, ya! (MAL)

Referensi :

https://blog.cicil.co.id/cara-hidup-hemat-anak-kost-anti-gagal/

Tinggalkan Balasan