JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Kesehatan Kuliner Recent Update

Serba-Serbi Ramadhan yang Populer, yaitu Kurma

Sumber : https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3626666/manfaat-buah-kurma-yang-jarang-diketahui

Jurnalikanews- Bulan suci ramadhan sudah tinggal menghitung hari saja. Bulan suci yang penuh ampunan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu khususnya oleh umat beragama islam. Dalam momen ini tentunya kita sudah tidak asing dengan yang namanya buah kurma.

Buah kurma merupakan buah yang identik di bulan puasa yang kaya akan serat makanan larut terutama pectin di mana serat-serat ini akan menarik air dan meningkatkan fluiditas isi lambung sehingga akan memberikan rasa kenyang yang cukup lama ketika tubuh sedang dalam proses berpuasa. Kebanyakan orang yang berpuasa pasti akan mengonsumsi kurma. Tidak hanya karena rasanya yang enak, buah kurma menjadi pendamping di kala berbuka dan sahur juga merupakan sunah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dari mana sih manfaat buah kurma itu berasal? Kan katanya buah kurma itu sejuta manfaat? Nah, manfaat dari buah kurma dapat dilihat dari segi kandungan buah kurma itu sendiri. Di mana, buah kurma memiliki Kalori sebanyak 281 kcal/100 gr, Lemak total 0,03 gr, Karbohidrat total 5,33 gr, Serat 0,6 gr, Gula 4,5 gr, Protein 0,17 gr, Vitamin B6 0,012 gr, zat Besi, Magnesium, dan Potassium.

Banyak sekali kan kandungan dalam buah kurma yang dapat kita peroleh. Tapi bagaimana jika kita mengonsumsi dalam jumlah yang banyak? Jangan khawatir karena mengonsumsi buah kurma itu dapat mencukupi angka kebutuhan gizi, melancarkan sistem pencernaan, mencegah penyakit kronis, hingga mencegah anemia. Meskipun tidak berdampak pada penyakit yang serius, tapi segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik ya.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah kurma, ada waktu terbaik dalam mengonsumsinya agar semua nutrisi terserap sempurna. Kapan? yaitu ketika kita sarapan ataupun sahur di mana kurma akan efektif memasok zat gula dan fiber ke dalam tubuh. Lalu, menjelang petang atau saat berbuka puasa karena saat energi tubuh berkurang ketika memakan kurma akan memberikan energi tambahan berupa pasokan gula alami dan fiber ke dalam tubuh. (MS)

Tinggalkan Balasan