JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Kuliner Recent Update

Beberapa Cemilan dengan Julukan Unik, Gimana Pula Rasanya Ya?

Jurnalikanews- Nama-nama cemilan yang unik dan aneh malah bagi sebagian besar orang justru semakin menambah rasa penasaran. Cemilan dengan nama yang unik ini juga akan menambah daya tarik wisatawan saat berlibur di Indonesia. Berikut beberapa cemilan yang memiliki julukan unik di penjuru Indonesia:

  • Roti Ketawa
Sumber : cookpad.com

Cemilan ini diberi nama dengan julukan roti ketawa bukan karena ketika kita memakannya kita akan ikut tertawa, namun karena bentuk permukaan roti terdapat belahan yang menyerupai bentuk mulut yang sedang tertawa akhirnya cemilan ini diberi julukan roti ketawa. Cemilan yang banyak ditemukan di Medan-Sumatera Utara ini, termasuk cemilan tersohor yang banyak dibeli oleh wisatawan, selain rasanya yang enak harganya yang juga terjangkau membuat roti ketawa semakin dikenal.

  •  Kue Clorot
Sumber : kompasiana.com

Kue clorot adalah makanan/cemilan khas daerah pantai, termasuk Pangandaran, Jawa Barat. Kue tradisional ini memiliki julukan yang sangat unik, dengan teknik atau cara pembuatan yang sangat bersahaja. Bahannya tidak macam-macam, hanya tepung beras dan gula merah. Namun, dalam memasaknya butuh keterampilan khusus dan harus telaten. Selain namanya yang unik, cara memakan kue clorot ini juga sangat unik.

Cara memakan yang benar bukanlah mengupas janur dari bagian atas, tetapi menekan bagian bawah kerucut sehingga kue clorot akan keluar, lalu dimakan. Namun, kue clorot sekarang ini sudah sangat susah dicari di daerah Jawa sekalipun. Kue-kue tradisional ini sudah semakin tergeser dengan kehadiran makanan dan cemilan modern.

  • Kue Daki
Sumber : cookpad.com

Nama cemilan ini di setiap daerah berbeda-beda, ada yang menyebutnya gabus keju ada yang bilang kue daki khususnya di daerah Riau, Medan dll. Karena bentuknya yang mirip seperti kotoran (bolot) yang menempel di badan kita ketika digosok. Namun dari segi rasa cemilan ini mempunyai kenikmatan dan kegurihan yang luar biasa yang membuat kita susah untuk berhenti ketika memakannya.

  • Kue Lontar
Sumber :
cookpad.com

Cemilan ini berjulukan kue lontar bukan berarti kue ini bisa dilonta-lontar (dilempar-lempar). Konon penamaan kue lontar yang unik ini berasal dari bahasa Belanda yaitu londtart yang berarti kue bundar. Camilan khas Papua yang tidak kalah lezatnya, rasanya yang lembut dan renyah membuat kudapan ini sangat cocok disantap saat berkumpul bersama keluarga.

Selain julukan-julukan di atas, masih banyak lagi cemilan dengan julukan yang unik. Seperti singkatan-singkatan dari makanan ataupun cemilan misalnya ketoprak yang berasal dari kalimat “KEtupat TOge digePRAK”, lalu ada Colenak yang berasal dari kalimat “dicoCOL ENAK”. Ataupun cilok yang berasal dari kalimat “aCI dicoLOK”. Namun, terlepas dari keanehan julukan-julukannya. Cemilan-cemilan Indonesia harus diacungi jempol, selain beragam rasanya juga yang sangat super lezat. Semoga kita semua yang membaca ini bisa mencicipi seluruh cemilan-cemilan dari penjuru Indonesia, yang pasti penasaran banget nih sama rasanya cemilan yang punya julukan unik-unik seperti di atas. (MS)

Tinggalkan Balasan