JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Gaya Hidup Inspirasi Recent Update Saduran

TIPS MANAJEMEN WAKTU ALA MAHASISWA

Sumber : https://www.jurusankuliah.info/2013/01/tips-manajemen-waktu-kampus.htm

Jurnalikanews – Manajemen waktu (time management) adalah perencanaan, pengarahan, pengorganisasian, dan pengendalian produktivitas waktu. Waktu merupakan sumber daya yang harus dikelola dengan baik agar orang atau organisasi dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Zaman sekarang manajemen waktu merupakan hal yang paling penting. Karena kebanyakan orang-orang sukses adalah orang yang mampu memanajemen dirinya. Bagi mahasiswa yang memiliki waktu yang terbatas dan memiliki kegiatan yang begitu banyak tak jarang menimbulkan kemalasan yang menyebabkan tugas-tugas menumpuk dan pada akhirnya menjadi beban yang begitu berat.

Memiliki manajemen waktu akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dalam periode waktu yang singkat, menurunkan stres, dan mengarah kepada kesuksesan karier. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mahasiswa agar dapat memanajemen waktu dengan baik.

  • Membuat Jadwal Kegiatan

Membuat jadwal merupakan hal yang utama dilakukan sebelum melakukan aktivitas. Tujuannya agar hal-hal yang harus dilakukan terencana dan terlaksana, tidak ada agenda yang terlewat ataupun melakukan hal yang sebenarnya tidak penting dan tidak perlu untuk dilakukan.

  • Pembagian Waktu yang Wajar

Dalam penetapan jadwal Anda juga perlu mencantumkan waktu pelaksanaannya. Sebagai contoh mengerjakan tugas, kita tidak mungkin hanya mencantumkan 15 menit, karena hal itu tidak mungkin walaupun mengerjakan tugas yang paling mudah pun harus berpikir dan membutuhkan waktu yang lama. Jadi dalam menetapkan waktu harus berdasarkan rasional dan realistis.

  • Memprioritaskan Kegiatan Utama

Prioritas adalah hal utama yang harus Anda lakukan. Dari banyaknya hal itu Anda harus bisa menetapkan mana yang harus dilakukan pertama dan dilakukan nanti. Seorang mahasiswa juga harus mampu membagi waktu (beserta waktu yang diperlukan).

  • Jangan Menunda Pekerjaan

Kebanyakan dari mahasiswa suka menunda-nunda pekerjaan, kadang rasa malas lebih besar ketimbang niat. Benturan waktu bahkan bisa terjadi saat Anda sering membiarkan tugas kuliah menumpuk dan tidak akan selesai dikerjakan dalam waktu semalam. Andaikan bisa pun hasilnya pasti tidak maksimal. Di samping itu kita juga pasti akan merasa kelelahan dan mengantuk saat mengikuti perkuliahan keesokan harinya. Jadi kerjakanlah tugas segera mungkin karena dengan cara itu Anda tidak akan menyusahkan diri sendiri.

  • Menandai Pekerjaan

Kita juga perlu menandai pekerjaan/aktivitas yang telah Anda kerjakan untuk memudahkan aktivitas apa yang akan dilakukan selanjutnya. Hal ini juga bisa mencegah janji ataupun kegiatan yang tidak dapat Anda kerjakan, sehingga selalu ada koordinasi dari setiap aktivitas.

  • Evaluasi Hasil

Evaluasi juga merupakan hal yang terpenting, karena dengan adanya evaluasi Anda bisa memperbaiki jadwal ataupun kegiatan yang tertunda, apakah kegiatan yang terjadwal sudah Anda lakukan semua, jika tidak terlaksana atau ada hambatan maka tulis penyebabnya, solusi yang harus dilakukan bagaimana, sehingga dapat dijadikan evaluasi untuk kedepannya.

  • Cari Waktu Luang untuk Bersantai

Arti dari “bersantai” bukanlah malas. Akan tetapi, Anda perlu meluangkan waktu untuk bersantai sejenak, refreshing, dan istirahat setelah beraktivitas. Ini berdampak baik pada kesehatan Anda supaya tidak stres. Misalnya, berolahraga, nongkrong bersama teman, bermain game, membaca buku. Namun, tetap memperhatikan waktu yang Anda gunakan agar tidak mengganggu kegiatan-kegiatan lain.

Itulah beberapa tips agar Anda dapat memanajemen waktu dengan baik. Ingat, jangan menyia-nyiakan waktu untuk hal yang tidak berguna. Manfaatkan waktu Anda sebaik-baiknya karena “waktu adalah uang”. (TRS)

Referensi :

http://blog.unnes.ac.id/duniakuliah/2015/11/24/manajemen-waktu-ala-mahasiswa/

Tinggalkan Balasan