JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Gaya Hidup Olahraga Recent Update Saduran

Menjaga Pola Hidup Sehat di Bulan Puasa

Jurnalikanews- Pola hidup sehat adalah hal yang perlu kita terapkan setiap harinya. Dalam penerapan pola hidup sehat kita harus memperhatikan segala aspek, mulai dari makanan, minuman, nutrisi tubuh, dan kebiasaan sehari-hari. Hanya saja selama bulan puasa kita mengalami perubahan pola tidur dan pola makan, sehingga menyebabkan berbagai keluhan terhadap tubuh kita. Terutama pada minggu pertama di bulan puasa ketika melakukan aktivitas sehari-hari kita menjadi lemas, lesu, mengantuk, dan sebagainya. Oleh karena itu kita harus menerapkan pola hidup sehat ketika puasa supaya terhindar dari gangguan kesehatan. Berikut pola hidup sehat yang bisa diterapkan di bulan puasa:

  • Tidur yang Cukup

Di bulan puasa kita perlu bangun lebih pagi untuk melaksanakan sahur, oleh karena itu sebaiknya tidurlah lebih awal untuk memenuhi kebutuhan waktu tidur yaitu 7-9 jam perhari. Dengan tidur yang cukup bisa membuat kita lebih bersemangat dan bisa mencegah tubuh dari rasa lelah, mengantuk, dan sulit berkonsentrasi. Sehingga produktivitas kerja selama puasa tetap terjaga.

  • Pastikan Kebutuhan Cairan Tubuh Tercukupi

Meski sedang puasa, kebutuhan cairan untuk tubuh harus tetap terpenuhi. Oleh karena itu ketika puasa kita disarankan mengonsumsi 8 gelas air putih perhari. Hal ini bertujuan agar tubuh kita tidak mengalami dehidrasi yang membuat tubuh kita menjadi lemas dan lesu.

  • Jangan Melewatkan Sahur

Sarapan pagi merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk memulai aktivitas. Ketika puasa, sarapan yang harus kita lakukan mengalami perubahan jam, yakni sesaat sebelum matahari terbit atau waktu imsak. Oleh karena itu, peran sahur sama pentingnya dengan sarapan pagi. Usahakan untuk selalu menyempatkan makan sahur setiap harinya. Makan sahur yang baik ialah yang dilakukan mendekati fajar. Hal ini dapat membantu tubuh tetap terhidrasi dan mencegah rasa lapar yang mungkin akan datang lebih cepat jika sahur terlalu malam.

  • Makan Secukupnya Ketika Berbuka

Waktu berbuka puasa menjadi saat yang dinanti-nanti. Sayangnya, hal ini sering kali menjadi momen balas dendam dengan menyantap semua makanan yang tersedia di meja. Padahal, makan berlebihan dalam satu waktu sangat berbahaya bagi tubuh. Terlalu banyak makan saat berbuka bisa mengakibatkan perut kembung dan badan menjadi lesu. Apalagi jika makanan dan minuman yang dikonsumsi kaya akan gula dan berlemak tinggi. Akibatnya, gangguan pencernaan dan penambahan berat badan yang drastis di akhir bulan Ramadan menjadi hal yang tidak bisa dielakkan. (RY)

Referensi :

https://www.halodoc.com/artikel/begini-pola-hidup-sehat-saat-puasa

Tinggalkan Balasan