JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Kesehatan Olahraga Recent Update Saduran

Calisthenics, Olahraga di Kala Pandemi

Sumber : Fxlfitness.com

Jurnalikanews Semenjak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau kita untuk melakukan physical distancing, banyak yang berubah dari cara kita hidup sehari-hari. Tak hanya melakukan proses belajar mengajar, bekerja, dan beribadah di rumah, masyarakat yang gemar berolahraga luar ruangan juga sangat kecewa. Mereka terpaksa harus membatasi olahraga di pusat kebugaran, atau di arena olahraga lainnya. Namun, itu bukan halangan untuk kita berolahraga, justru seharusnya olahraga kian digiatkan untuk lebih menjaga kebugaran tubuh. Tubuh yang bugar dan sehat akan lebih sulit dimasuki virus karena daya tahan tubuh yang lebih kuat. Dibarengi dengan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan, olahraga bisa memberikan manfaat besar bagi setiap orang. Jangan khawatir kamu melakukan olahraga yang satu ini, namanya Calisthenics. 

Calisthenics merupakan olahraga yang hanya menggunakan berat badan tubuh kita sendiri tanpa harus menggunakan beban tambahan seperti barbel dan dumbel. Istilah Calisthenics mungkin terdengar asing di telinga. Tetapi besar kemungkinan kamu pernah melakukannya dalam hidupmu. Berbeda dengan olahraga di gym yang berfokus pada pembentukan otot dengan bantuan beragam alat, Calisthenics merupakan olahraga yang memaksimalkan penguatan otot dengan hanya menggunakan berat badan kamu. Satu-satunya perlengkapan yang dibutuhkan adalah pull-up bar atau semacamnya, dan dapat dengan mudah kamu temukan pada fasilitas publik seperti taman. Tujuan utama Calisthenics adalah membangun dan memperkuat otot-otot tubuh, meningkatkan fleksibilitas, kekuatan tubuh, dan meningkatkan kekuatan psikomotor seperti: keseimbangan, koordinasi, dan juga kelincahan.

Terdapat 5 gerakan dasar dalam olahraga Calisthenics yaitu Pull Up, Dip, Squat, Push-Up, dan Push-Up to Handstand. Kelima gerakan dasar tersebut harus kamu kuasai terlebih dahulu sebelum melakukan gerakan lain yang tingkat kesulitannya lebih tinggi. Dan tentunya kamu harus konsisten, karena kalo enggak ya ototmu bakalan loyo lagi.

Manfaat melakukan Calisthenics training:

  1. Tidak Membosankan, Calisthenics dapat menghilangkan rasa bosan terhadap olahraga yang biasanya hanya memiliki gerakan-gerakan monoton, karena ada ratusan gerakan Calisthenics yang dapat kita kombinasikan untuk latihan kita sehari-hari.
  2. Dapat Dipraktekkan di Mana Saja dan Kapan Saja, Calisthenics dapat dilakukan di mana saja baik di kantor, rumah, bahkan di tanah. Karena gerakan-gerakan latihan ini tidak membutuhkan tempat yang luas dan peralatan yang merepotkan.
  3. Melatih Otot, jika latihan beban di gym hanya berfokus pada salah satu bagian otot, maka Calisthenics berbeda, karena Calisthenics dapat melatih beberapa bagian otot sekaligus, contoh: gerakan push up, gerakan ini dapat melatih tangan, bahu, dada, punggung dan bahkan perut secara bersamaan.
  4. Praktis, latihan Calisthenics tidak memerlukan alat yang mahal atau yang sulit didapat. Gerakan Calisthenics hanya membutuhkan berat tubuh anda. Hanya beberapa gerakan yang membutuhkan alat bantu, itupun hanya sebuah bar untuk pull up dan variasinya seperti: bangku untuk melakukan macam-macam gerakan dips.
  5. Bentuk Tubuh Lebih Proporsional, latihan beban Calisthenics dapat melatih beberapa bagian otot sekaligus sehingga otot-otot tersebut berkembang secara bersamaan dan seimbang. Hal inilah yang membuat tubuh lebih proporsional dengan Calisthenics.

Jadi, Calisthenics sangatlah cocok dilakukan pada pandemi sekarang ini. Karena dapat dengan mudah melakukannya di rumah, tentunya tanpa harus mengeluarkan biaya apapun. Jadi tidak ada lagi kata malas untuk olahraga, mari meningkatkan imun dengan berolahraga dari rumah. (AI)

Referensi :

https://blog.strongbee.co.id/mengenal-calisthenics-olahraga-tanpa-bantuan-alat/

http://elitemma.co.id/2018/03/1505/

Tinggalkan Balasan