JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Kesehatan Kuliner Recent Update

Si Duo Peningkat Imun Tubuh

Sumber : Tribunnews.com

Jurnalikanews – Di masa pandemi covid-19 ini, kita perlu menjaga imun tubuh kita agar tetap terlindungi dari virus. Untuk meningkatkan imun tubuh, kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Nah, makanan yang mengandung zat apa sih yang dapat meningkatkan imun tubuh kita? Jawabannya adalah Vitamin E dan Selenium!

Vitamin E atau α-tokoferol merupakan vitamin larut lemak. Tokoferol terutama α-tokoferol telah diketahui sebagai zat antioksidan yang mampu mempertahankan integritas membran sel. Peranan besar vitamin E sebagai antioksidan disebabkan vitamin E mempunyai cincin fenol yang mampu memberikan ion hidrogennya kepada radikal bebas.

Kekurangan vitamin E umumnya menyerang sistem syaraf, otot, pembuluh darah dan sistem reproduksi. Defisiensi ini biasanya terjadi karena adanya gangguan absorbsi lemak dan gangguan transpor lipida. Makanan yang mengandung vitamin E diantaranya, sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, makanan laut, serta buah-buahan (kiwi, alpukat, dan mangga).

Sumber : Idntimes.com

Selenium adalah mineral kelumit yang penting untuk sintesis protein dan aktivitas enzim glutation peroksidase. Selenium dalam glutation peroksidase mempunyai peranan sebagai katalisator dalam pemecahan peroksida yang terbentuk di dalam tubuh menjadi ikatan yang tidak bersifat toksik. Peroksida dapat berubah menjadi radikal bebas yang dapat mengoksidasi asam lemak tidak jenuh yang ada pada membran sel sehingga merusak membran sel.

Kekurangan selenium akan berdampak pada gangguan sistem endokrin, penyakit jantung, serta imun tubuh. Selenium dapat ditemui di dalam biji-bijian, sayuran hijau, jamur kancing, dan jamur shitake. Makanan-makanan tersebut merupakan sumber organik selenium yang sangat baik. Selenium juga ditemui di dalam daging sapi, roti, ayam, gandum, dan keju.

Jadi, Vitamin E menjaga membran sel dari radikal bebas dengan melepas ion hidrogennya. Sedangkan Selenium berperan dalam memecah peroksida menjadi ikatan yang tidak reaktif sehingga tidak merusak asam lemak tidak jenuh yang banyak terdapat dalam membran, membantu mempertahankan integritas membran dan melindungi DNA dari kerusakan. Oleh karena itu, Vitamin E bekerja sama dengan Selenium dan berperan sebagai antioksidan.

Yuk kita tingkatkan imun tubuh kita dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin E dan Selenium dan juga menyempatkan waktu untuk berolahraga agar tubuh kita tetap sehat, kuat, dan bugar. (SLS)

Tinggalkan Balasan