JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Gaya Hidup Recent Update Saduran Travel

5 Keindahan Alam Indonesia yang Harus Tetap dijaga

Sumber : boking.com wakatobi-resort

Jurnalikanews- Indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa. Dianugerahi lanskap yang seakan tak pernah habis. Dari ujung barat hingga timur, deretan gunung, lembah, laut, danau, hingga taman nasional menunggu untuk dijelajah. Berikut beberapa keindahan alam Indonesia yang harus Anda ketahui:

1. Puncak Jayawijaya Papua

Satu-satunya kawasan di Indonesia yang turun salju adalah kawasan puncak jayawijaya. Gunung merupakan salah satu tujuan pendakian yang favorit di dunia. Bukan hanya salju yang bisa Anda nikmati saat mengunjungi puncak Jayawijaya, keindahan alam dan juga benda-benda laut seperti koral juga bisa Anda temukan di puncak Jayawijaya.

Para ahli geologi mengatakan bahwa puncak Jayawijaya dahulunya adalah kawasan dasar laut, yang kemudian dalam waktu yang cukup lama terciptalah Pulau Papua dan gunung ini. Keindahan Puncak Jayawijaya terdaftar sebagai salah satu dari tujuh puncak benua atau dengan istilah seven summit, yang sangat mendunia dan menjadi destinasi pendakian para pendaki gunung di seluruh dunia.

Puncak Jayawijaya juga memiliki sebutan lain yang terkenal dan mendunia, yaitu Piramida Carstenz, yang nama Carstenz ini diambil dari nama penemu pegunungan ini pada tahun 1623 yaitu Jan Carstenz.

2. Gunung Bromo

Keindahan alam Indonesia yang mendunia berikutnya adalah Gunung Bromo, gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih 2.329 diatas permukaan laut ini menjadi salah satu tujuan wisata alam yang populer baik di dunia maupun di Indonesia sendiri. Gunung Bromo juga termasuk dalam kawasan taman nasional, yaitu Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gunung Bromo tidak hanya menyuguhkan keindahan alamnya yang sangat istimewa, namun juga menyimpan kisah legenda yang menambah keseruan untuk berwisata alam di Gunung Bromo.

Gurun pasir merupakan salah satu yang paling memikat hati para pengunjung, jika selama ini kita melihat gurun pasir di daerah timur tengah, kini di Indonesia tepatnya di kawasan Gunung Bromo ini terdapat hamparan padang pasir luas yang merupakan tempat istimewa yang menjadi tujuan utama ketika berwisata ke kawasan Gunung Bromo.

Tidak hanya padang pasir, jika Anda senang berwisata alam dengan keindahan rumput dan pepohonan, Gunung Bromo adalah tujuan yang tepat, karena dengan luas kurang lebih 10 km persegi, Anda bisa menikmati taman rumput berbukit yang hijau dan sangat indah, yang mungkin akan mengingatkan Anda pada serial film anak Teletubbies yang sempat booming pada era tahun 90an.

3. Gunung Tangkuban Perahu

Wisata alam Indonesia yang indah dan mendunia berikutnya adalah wisata alam Gunung Tangkuban Perahu. Gunung yang merupakan salah satu gunung berapi ini terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia tepatnya berada di sebelah utara kota Bandung. Wisata alam dengan suasana gas belerang dan sumber mata air panas menjadi tujuan wisata yang sangat menggoda untuk di kunjungi.

Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter diatas permukaan laut ini, memiliki suhu yang cukup dingin pada siang harinya yaitu 17 derajat celcius, dan bisa menjadi 2 derajat celcius jika malam hari. Sehingga jangan lupa untuk menggunakan jaket tebal jika Anda berencana mengunjungi Gunung Tangkuban perahu pada saat malam ataupun siang hari.

Seperti wisata Gunung Bromo, wisata Gunung Tangkuban Perahu juga memiliki sejarah ataupun legenda dan cerita rakyat yang menambah keistimewaan dari Gunung Tangkuban Perahu.

4. Pulau Komodo

Salah satu pulau yang eksotis sekaligus mendunia di Indonesia adalah pulau Komodo, pulau yang masuk dalam Taman Nasional Komodo ini berada di wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Berada di ujung barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini pada tahun 2009 dinobatkan sebagai New Seven Wonders of Nature, atau situr warisan dunia UNESCO.

Seperti namanya “Pulau Komodo”, di pulau ini Anda bisa melihat hewan komodo, diperkirakan ada sekitar 1300 ekor komodo pada tahun 2009, ditambah lagi di pulau Gili Motang dengan jumlah keseluruhan bisa mencapai 2500 ekor.

Selain wisata dengan melihat hewan komodo, pulau ini menyimpan keindahan yang sangat istimewa dan akan mengesankan waktu liburan Anda. Keindahan alam pegunungan dan juga pantai membuat pulau komodo menjadi salah satu tujuan wisata dunia yang sangat populer.

Keindahan pantai dan hamparan rumput hijau di bukit-bukit pulau komodo menambah eksotisme pulau komodo. Namun yang perlu diperhatikan saat mengunjungi Pulau Komodo adalah selalu berada dalam aturan-aturan petugas penjaga pulau, karena bisa saja komodo menyerang pengunjung yang tidak jarang bisa berakibat fatal jika kita tidak mengindahkan aturan-aturan yang sudah dibuat pemerintah setempat.

5. Gunung Rinjani

Keindahan alam Indonesia yang mendunia berikutnya adalah keindahan alam yang dimiliki Gunung Rinjani. Gunung Rinjani memiliki ketinggian kurang lebih 3.726 di atas permukaan laut yang juga menjadi gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Gunung Rinjani masuk dalam wilayah Kabupaten Lombok Timur, yang berlokasi di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Alamnya yang sangat indah membuat Gunung Rinjani menjadi salah satu tujuan pendakian oleh para pendaki domestik maupun mancanegara. Keindahan Danau Segara Anak yang terletak di Gunung Rinjani ini merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, dan sempat menjadi gambar di uang pecahan Rp.10.000 pada tahun 1998. (FI)

Sumber:

https://wisatabaru.com/10-keindahan-alam-indonesia-yang-mendunia

https://satujam.com/10-foto-keindahan-alam-indonesia-yang-harus-kamu-ketahui

Tinggalkan Balasan