JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update Saduran Teknologi

Perkembangan Teknologi Komunikasi dari Masa ke Masa

Sumber : Teknologi.id

Jurnalikanews- Teknologi selalu berkembang dari masa ke masa. Salah satu teknologi yang mengalami perkembangan juga yaitu teknologi komunikasi. Komunikasi selalu erat kaitannya dengan kehidupan sosial kita sehari–hari.

Komunikasi juga diperlukan sebagai media informasi, bisa bersifat pribadi atau pun umum. Yuk kita bahas alat komunikasi yang ada dari masa ke masa, dari alat komunikasi tradisional hingga alat komunikasi modern.

Beberapa contoh alat Komunikasi Tradisional:

  1. Asap

Asap sering digunakan pada saat genting ketika kita tersesat di hutan ataupun di sebuah pulau terpencil. Beberapa kali kita melihat film juga mengadaptasi asap sebagai salah satu media komunikasi untuk meminta pertolongan.

  • Kentongan

Kentongan atau kentungan biasa digunakan sebagai alat komunikasi tradisional. Di beberapa tempat juga masih menggunakan alat ini sebagai media komunikasi atau sekedar digunakan untuk membangunkan orang sahur saat bulan Ramadhan.

  • Surat dan Merpati Pos

Surat menyurat, dulu kegiatan ini sering dilakukan untuk saling mengabari satu dengan yang lainnya. Surat masih digunakan hingga saat ini namun penggunaanya semakin menurun karena kecanggihan alat komunikasi saat ini.

Berbicara surat tentu kita akan berbicara juga soal pengirimannya. Salah satu pengiriman tradisional yaitu melalui merpati. Sering juga kita lihat melalui film – film saat zaman kerajaan mengirim pesan melalui merpati/burung lainnya.

 Beberapa contoh alat Komunikasi Modern:

  1. Telepon Kabel

Telepon kabel mulai digunakan pada tahun 1877 di mana pada saat itu Alexander Graham Bell menciptakan telepon. Alat komunikasi ini digunakan berbarengan dengan surat dan memudahkan penggunanya pada masanya.

  • Telepon Genggam

Telepon genggam adalah alat komunikasi yang berkembang setelah diciptakannya telepon kabel yang kemudian semakin berkembang menjadi smartphone yang saat ini kita gunakan.

  • Komputer

Alat komunikasi lainnya yang tidak kalah canggihnya yaitu komputer. Alat ini sangat diperlukan pada era milenial ini sama halnya dengan smartphone yang diperlukan. Keunggulan yang didapat selain bisa berkomunikasi alat ini juga dapat digunakan sebagai alat ketik yang membantu memudahkan penggunanya.

Kecanggihan teknologi yang kita rasakan saat ini karena alat komunikasi selalu berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini bukan berarti kita tidak membutuhkan lagi alat – alat tradisional atau bahkan untuk melupakannya. Ada keuntungan tersendiri ketika kita mempelajari atau menggunakan alat komunikasi tradisional, karena sangat membantu kita ketika suatu saat kita tidak bisa menggunakan alat – alat modern tadi. (RAJ)

Sumber Artikel: Kompas.com, Tirto.id, Detik.com, Bisnis.com

Tinggalkan Balasan