JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Kuliner Recent Update

Kuliner yang Wajib Kalian Coba Saat Berkunjung Ke Kota Cirebon

Sumber : https://images.app.goo.gl/nmCWkf5BNreUpmut8 

Jurnalikanews- Cirebon adalah kota yang ada di Jawa Barat dan terkenal dengan aneka kuliner khasnya. Di Kota Udang ini, kalian bisa mencicipi beragam kuliner khas Cirebon yang legendaris. Mulai dari camilan, makanan berat, hingga dessert yang usianya sudah puluhan tahun bahkan lebih dari setengah abad. Selain rasanya yang enak, harga kuliner di kota ini juga bisa dibilang terjangkau. Di samping itu, wisatawan pun bisa mencari makanan enak usai mengunjungi tempat-tempat menarik di sana. Berikut kuliner khas Cirebon yang wajib kalian coba kalau sedang berkunjung ke Cirebon

1. Nasi Jamblang

Sumber : Instagram @superjev

Makanan khas Cirebon berasal dari Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon. Selain cita rasanya yang istimewa, penyajiannya juga unik karena disajikan dengan menggunakan daun jati. Hal ini yang kemudian menjadi identitas nasi jamblang Cirebon. Nasi jamblang pada awalnya hanya menambahkan lauk-pauk sederhana seperti tahu, tempe, dan sambal. Namun seiring berjalannya waktu, lauk pauk nasi jamblang telah bertambah menjadi sekitar 40 jenis panganan.

2. Empal Gentong

Sumber : Instagram @cireboninfo_cireboninfo

Hidangan ini tampak seperti gulai. Kuahnya berwarna kekuningan serta menggunakan daging sapi sebagai isiannya. Cita rasanya gurih, sementara tekstur kuahnya kental karena menggunakan santan. Empal gentong juga bisa ditambah dengan jeroan seperti hati, usus, dan babat. Secara tradisional, empal gentong dimasak dengan kayu bakar. Wadah untuk memasak hidangan ini terbuat dari tanah liat yang disebut gentong. Dari wadah tersebutlah muncul istilah empal gentong. Sebagai pelengkap, empal gentong juga disajikan bersama dengan taburan daun bawang dan kerupuk.

3. Tahu Gejrot

Sumber : Instagram @nataliotaq

Meski sangat mudah ditemui di berbagai kota, tak ada yang bisa menandingi enaknya tahu gejrot khas Cirebon. Bahan utama makanan ini adalah tahu yang digoreng hambar, kemudian tahu dipotong potong dan diberi bumbu mentah yang membuat rasa tahu ini enak dan menjadi kuliner yang unik. Rasa dari tahu gejrot ini yaitu campuran rasa asam, manis, dan pedas, yang ada dikuahnya. Makanan ini cocok untuk dijadikan sebagai camilan.

4. Nasi Lengko

Sumber : Instagram @bobyliecious

Nasi lengko adalah menu sarapan yang ada di warung pinggir jalan atau pasar-pasar tradisional di Cirebon. Makanan khas Cirebon ini berisi nasi putih, tauge rebus, tempe, dan tahu yang kemudian disiram dengan saus kacang, taburan daun kucai, dan sedikit kecap. Dengan rasa yang unik dan lezat, menu ini cocok disantap saat pagi hari. Walaupun makanan ini tidak tampak mewah namun rasanya pasti membuat ketagihan.

5. Docang

Sumber : Instagram @lilitanurdiana

Mirip dengan lontong sayur, kalian bisa melihat isian seperti lontong, tauge, daun singkong dalam satu porsi, yang kemudian disiram kuah yang berasal dari sayur oncom. Dengan topping remasan kerupuk putih atau kerupuk kulit, kalian akan mendapatkan sensasi rasa segar dan sedikit pedas dalam satu porsinya.

6. Mie Koclok

Sumber : Instagram @kulinersamaagam

Makanan khas Cirebon ini sering menjadi sajian spesial saat gelaran doa sembayang orang yang sudah wafat. Tapi seiring berjalannya waktu orang mulai menjual mie koclok di berbagai sudut di Kota Cirebon. Makan mie koclok paling asik saat cuaca dingin, sebab kuahnya mengandung lada putih dan bisa menghangatkan tubuh. Mie yang digunakan untuk membuat mie koclok adalah mie kuning yang tidak mengandung bahan pengawet, kemudian dibumbui dengan bahan berkualitas dan disajikan dengan telur rebus beserta daging ayam suwir. Kuahnya kental karena dicampur dengan tepung maizena. Wangi daun seledri di dalam mulut terasa semakin menguatkan cita rasa mie koclok yang khas. Telur dan ayam juga kian melengkapi kelezatan mie yang melegenda di kota udang itu. (AA)

Referensi :

Tinggalkan Balasan