JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Inspirasi Recent Update Saduran

Tak Lulus SMA, Susi Pudjiastuti Sukses Berkarir

Sumber : Merdeka.com

Jurnalikanews- Susi Pudjiastuti, salah satu sosok wanita yang layak menjadi contoh teladan atas kegigihan dan kesuksesannya. Wanita ini masuk ke dalam jajaran menteri pada tahun 2014-2019 yang mengurusi bidang perikanan dan kelautan serta sering mengeluarkan kebijakan kontroversial yang dirasa unik oleh sebagian masyarakat Indonesia. Beliau lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965 dan terlahir dari keluarga berkecukupan yang merupakan peternak dan penjual hewan potong.

Ada yang unik dari sosok remaja Susi Pudjiastuti. Saat gadis remaja SMP lainnya sibuk bermain, Susi lebih tertarik untuk mendalami dunia bisnis. Beliau pun mencoba berbisnis kecil-kecilan dengan menjual pakaian dan bed cover. Sampai pada satu titik, wanita ini memutuskan untuk berhenti sekolah. Semangat untuk berbisnisnya semakin tinggi, karena hidup di lingkungan nelayan, wanita ini memanfaatkan keadaan dengan mengambil keputusan untuk menekuni bisnis jual beli ikan.

Setelah berjalan lama dengan konsistensinya dalam menawarkan dan memilih ikan berkualitas tinggi, akhirnya terdapat titik di mana Susi mencapai kesuksesan pertamanya yaitu mampu menguasai bursa lelang ikan yang ada di Pangandaran. Kesuksesannya pun tidak berhenti, beliau semakin dikenal oleh lingkup konsumen yang lebih luas, bahkan hingga ke luar negeri.

Orang yang sukses bukan hanya mampu menjalankan bisnisnya dengan baik, namun orang yang sukses bisa memberikan kontribusi yang baik untuk masyarakat. Hal itu bisa dicapai oleh Susi, saat terjadinya bencana tsunami di Aceh, Susi memberikan bantuan kepada masyarakat untuk menggunakan pesawatnya secara gratis. Kebaikannya pun tentu mendapat balasan, Susi mendapatkan permintaan dari LSM dalam dan luar negeri yang akhirnya menjadi cikal bakal munculnya Susi Air yang bergerak di bidang transportasi udara bidang perikanan.

Setelah perjuangannya yang cukup tangguh, akhirnya pada masa pemerintahan Indonesia 2014-2019, Susi Pudjiastuti menjadi salah satu menteri di Indonesia. Banyak orang yang pro dan kontra terhadap Susi, mengingat dalam urusan sekolah Ia saja tidak lulus SMA. Namun Susi menunjukkan kegigihannya dalam bekerja, beliau mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang lebih menguntungkan masyarakat kecil, bahkan ada kebijakannya yang cukup kontroversial, yaitu menghancurkan kapal-kapal ilegal yang masuk ke dalam perairan Indonesia dan mengambil sumber daya alam milik Indonesia. Hal itu, membuat banyak yang menganggap bahwa Susi adalah menteri yang tegas.

Kisah sukses seseorang pastilah mempunyai banyak sisi positif yang bisa dijadikan pelajaran dan panutan. Oleh sebab itu, dengan adanya kisah sukses dari Susi Pudjiastuti yang sangat inspiratif ini, bisa diperoleh banyak pelajaran di dalamnya. Dari kisah ini bisa diambil pelajaran bahwa untuk menjadi orang yang sukses, harus bisa berani mengambil langkah yang beda dan tetap konsisten dalam menjalaninya. (RLQ)

Sumber :

https://www.liputan6.com/tag/susi-pudjiastuti?page=4&type=text

https://www.kompasiana.com/yupiter/5d00da01c01a4c1cfe289453/rahasia-kesuksesan-menteri-susi-pudjiastuti-dapat-opini-wtp

Tinggalkan Balasan