JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Berita Internal Recent Update

Webinar Fd (From Desain For Dakwah) Bergerak Menuju Surga Dengan Dakwah Lewat Media

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Jurnalikanews– Webinar FD (From Desain For Dakwah) merupakan acara seminar yang diselenggarakan oleh Lembaga Dakwah Kampus (LDK-KMA) Politeknik AKA Bogor pada hari Minggu, 20 Desember 2020. Acara yang mengangkat tema Bergerak Menuju Surga dengan Dakwah Lewat Media ini membahas tentang urgensi dakwah di media sosial dan tips untuk berdakwah di media dengan tujuan bisa menggunakan media sebagai sarana dalam berdakwah. Media yang ditekankan dalam webinar ini adalah media sosial , dikarenakan seiring perkembangan teknologi kebanyakan orang menghabiskan sebagian besar waktunya di media sosial , namun tidak menutup kemungkinan juga menggunakan media lain seperti media cetak.

Belum maraknya penggunaan media sosial sebagai media penyalur dakwah menjadi latar belakang divisi Syiar Media LDK-KMA Politeknik AKA megadakan acara FD ini, untuk mengembangkan dakwah pada media dengan melihat kondisi yang terjadi di sekitar kita. Acara yang diselenggarakan sekali setahun ini, di ketuai oleh Naofal Achmad Rizaldy, mahasiswa Politeknik AKA, prodi Analisis Kimia , kelas 2A, dengan dibantu oleh divisi lain layaknya kepanitian acara pada umumnya. Sebagai ketua pelaksana event seminar yang dilakukan secara virtual ini, Naofal sedikit banyaknya merasakan kesulitan baik pada tahap persiapan dan hari-H pelaksanaan. Kesulitan yang paling dirasakan adalah kemungkinan adanya kendala jaringan baik pada panitia, peserta , dan pemateri yang akan menghambat jalannya acara. Kendala seperti ini telah difikirkan oleh Naofal dan panitia, jika panitia mengalami kendala sinyal maka akan dibantu oleh panitia lainnya, jika kendala dirasakan oleh peserta, pihak panitia telah menyediakan video rekaman acara yang boleh diminta oleh peserta. Untuk pemateri sendiri, tidak mengalami gangguan jaringan, sehingga pemberian materi dan acara sharing pengetahuan ini bisa berjalan dengan baik.

Pemateri yang dihadirkan pada seminar FD ini adalah seorang Canva Mobile Expert, yang juga merupakan founder dari @sabrproject3, tentunya telah memiliki pengalaman dalam syiar dakwah. Bernama Nerry Supanji, mahasiswa Universitas Malang yang pernah menjuarai Lomba Microblogger Palestina Millenial Peace Maker Fest Adara Relief International. Sharing ilmu yang menarik dan tidak membosankan ditampilkan oleh pemateri ini, tak hanya memberi materi secara teori, Nerry Supanji juga mengajak peserta seminar untuk berselancar menelusuri akun instagram pendakwah masa kini yang mengemas dakwah menjadi lebih menarik dan mudah untuk dipelajari, lewat media sosial. Beliau menekankan bahwa dakwah adalah tugas semua umut muslim, bukan hanya tugas pendakwah. Media sosial adalah alat, kita yang menentukan mau membawa kemana alat ini, apakah menjadi alat yang bermanfaat untuk umat, atau sebaliknya. Dakwah tidak selalu tentang ceramah, dakwah bisa dikemas menarik, karena untuk mempelajari Islam tidak ada paksaan, sehingga harus menimbulkan rasa cinta terlebih dahulu, baru bisa menggali lebih dalam. Selain itu, pada kesempatan ini juga pemateri mengajarkan sambil mempraktekkan cara membuat template dakwah yang menarik menggunakan aplikasi Canva.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Acara ini tentunya terbuka untuk umum dan mahasiswa Politeknik AKA Bogor khususnya. Aura seminar dirasakan dari banyaknya peserta yang hadir, yakni lebih kurang 90 participans, disemerakan dengan diselingi pembakar semangat berupa jargon (Bersama Media, Menuju Syurga, Allahuakbar) yang dipimpin langsung oleh pemateri. Seminar ini dimulai pukul 08.00 dan berakhir pada 10.40 WIB  dengan rangkaian acara pembukaan yang dipimpin oleh MC, Ferdi Anas Fathan, pembacaan tilawah Al-quran oleh M.Luthfi Amanullah, pemaparan cv pemateri, materi yang terdiri dari tiga sesi (penyampaian materi urgensi dakwah , talkshow, dan penunjukkan praktek proses editing konten dakwah menggunakan aplikasi Canva), dilanjutkan dengan tanya jawab dan kuis berhadiah, terakhir ditutup dengan pembacaan doa penutup dan foto bersama. (wa & sst)

Tinggalkan Balasan