JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Berita Internal Recent Update

“Ngemil Kuy”, Ngomong Sambil Silaturahmi

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Jurnalikanews- Minggu (27/11/2020) telah dilaksanakan kegiatan Ngemil Kuy yang diselenggarakan oleh LDKMA. Acara ini dimulai pukul 15.30 WIB dengan menggunakan media platform Zoom. Kegiatan ini merupakan program rutin bebas yang sudah dilakukan sejak tahun 2019. Kegiatan Ngemil ini merupakan kegiatan  silahturahmi dengan penyampaian materi Islami yang dibawakan oleh ustadz. Kegiatan Ngemil kali ini mengundang Ustadz Rajab Abu Azam sebagai pemateri dengan Pendidikan S1 UI yang tentunya sudah familiar dengan kegiatan mengisi kajian Islami dikalangan mahasiswa dan perkantoran.  Kajian ini dilakukan secara bergilir untuk seluruh komponen (Lembaga, UKM, serta HIMA) yang ada di IMAKA serta  mengundang Keluarga Muslim AKA (KMA) dengan tujuan menjalin silaturahmi antar Lembaga, UKM maupun HIMA yang ada di IMAKA, serta menambah Tsaqofah Islamiyah.

Adapun susunan acara atau agenda dalam kegiatan Ngemil Kuy kali ini, antara lain:

  1. Pembukaan
  2. Tilawah
  3. Acara Inti
  4. Tanya Jawab
  5. Games
  6. Do’a
  7. Penutup

Kegiatan Ngemil pertama diadakan untuk HIMA Ankim, PLI dan PMIP pada tanggal 7 November. Ngemil kedua ditujukan untuk BEM dan DPM pada tanggal 22 November. Kegiatan Ngemil tersebut diikuti oleh alumni dengan background yang benar-benar paham sesuai konteks dari tema yang telah ditentukan. Ngemil kali ini merupakan kegiatan Ngemil ketiga yang ditujukan untuk Saseka, Makapala, dan Jurnalika dengan tema “Pentingnya Peningkatan Ruhiyah Dalam Mengembangkan Minat dan Bakat”. Menurut ketua pelaksana, tema diambil dari ketiga UKM tersebut, “kata ‘minat dan bakat’ yang diambil dari 3 UKM itu sendiri, karena dari 3 UKM tersebut menampung minat serta bakat dari masing-masing bidang, Dalam pengembangan minat dan bakat tersebut tidak cukup hanya mengandalkan kekuatan fisik dan intlektual saja, namun juga dibutuhkan kekuatan ruhiyah (spiritual). Dari sinilah diambil pentingnya peningkatan ruhiyah, yang mana ruhiyah itu sendiri merupakan inti dari kekuatan bagi seorang muslim” ungkap Dirja sebagai ketua pelaksana.

Dirja berharap kegiatan ini dapat membuat peserta paham pentingnya rukhiyah dalam minat dan bakat. “Setelah kegiatan Ngemil ketiga ini selesai dilaksanakan, peserta diharapkan mampu memahami pentingnya peningkatan rukhiyah dalam minat dan bakat, mampu menyesuaikan posisi rukhiyah dalam minat dan bakat, mampu mengukuhkan rukhiyah yang dimiliki selama menjalani minat dan bakat, serta mampu memahami mengambil pelajaran dari minat dan bakat sekarang berkaitan dengan rukhiyah” ungkap Dirja kembali. (SCY&DV)

Tinggalkan Balasan