JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Competent Training: Pelatihan Uji Kompetensi Skema Kalibrasi

Sumber Pribadi

Jurnalikanews- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari Kementerian IPTEK Politeknik AKA Bogor menggelar acara Competent Training (CT). Acara ini dilaksanakan pada tanggal 26, Desember 2020 pada pukul 07.00-11.35 WIB. Namun acara ini diundur satu jam karena menurut ketua pelaksana waktu pelaksanaannya terlalu pagi sehingga acara dimulai pukul 08.00 WIB. Walaupun begitu, acara ini berjalan dengan lancar. Competent Training kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana acara kali ini dilaksanakan secara daring melalui ruang Zoom meeting.” Jadi perbedaan tahun ini sama tahun lalu itu. Kalau tahun-tahun sebelumnya itu setiap tahun pelaksanaannya 3 kali ya jadi termasuk ke dalam proker rutin bebas nah kalau tahun ini pelaksanaannya hanya 2 kali dibulan ini dan januari jadi termasuk kedalam proker non rutin bebas. Untuk pelaksaannya tahun lalu itu offline dan tahun sekarang online” ujar Fitri Purnama Sari selaku Ketua Pelaksana ketika kami wawancarai via Jalur Pribadi.

Acara Competent Training (CT) kali ini membahas “Pelatihan Uji Kompetensi Skema Kalibrasi”. Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi Mahasiswa Politeknik AKA Bogor dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan uji kompetensi. Dendy Rachman aldriansyah selaku Presiden Mahasiswa Politeknik AKA Bogor memberikan sambutannya kepada para peserta Competent Training dan dia berharap agar peserta mengikuti acara ini hingga selesai. “Kepada peserta hari ini, walaupun agenda Competent Training hari ini dilaksanakan weekend semoga tetap semangat karena insyaallah akan membantu teman-teman semua dalam menghadapi bagaimana kedepan sebagai Mahasiswa Politeknik AKA Bogor dalam menghadapi Ujian Kompetensi, hal tersebut mungkin nanti akan disampaikan oleh pemateri bisa melalui pengalaman-pengalamannya seperti apa ketika menjalani tes ataupun ujian kompetensi seperti apa dan hal-hal apa aja yang harus dipersiapkan dan hal apa saja sih yang harus dicegah nanti supaya kita bisa lulus dan dinyatakan kompeten, oleh karena itu silahkan oleh teman-teman semua disimak dengan baik-baik, diikuti sampai akhir agenda dan kalau bisa dicatat karena agenda ini bisa dibilang sangat bermanfaat buat teman-teman semua untuk bisa melihat atau bisa mengambil pelajaran dari pengalaman-pengalaman para pemateri yang akan menyampaikan pada pagi hari ini” ujarnya.

Pemateri pada acara Competent Training kali ini yaitu  Farid Aulia Rahman dan Sania Gani yang  merupakan Alummi Polieknik AKA Bogor tahun 2020. Selain menyampaikan materi mengenai ujian kompetensi skema kalibrasi, pemateri juga menyampaikan pengalamannya ketika menghadapi ujian kompetensi apa saja yang harus diperhatikan, dipersiapkan ketika ujian kompetensi berlangsung dan hal apa saja yang menyebabkan gagal atau belum kompeten.

Menurut salah satu peserta yang kami wawancarai “kesannya si menarik ya bisa ngebantu untuk mereview materi kalibrasi dan mendapatkan info situasi dan apa yang harus dilakukan dari alumni yang udah mengikuti ukom. untuk pesannya mungkin bisa dilakukan CT lagi yang selain kalibrasi atau pematerinya dari dosen”.

Diujung acara moderator yaitu Muchammad Muchibbin menyampaikan kesimpulannya untuk menghapi uji kompetensi, persiapkan dengan sebaiknya baiknya apa yang perlu dipersiapkan.”kemudian mulai tanya-tanya ke kating gimana pengalamannya dulu kayak gimana gitu terus nanti saat melaksanakan ukom diusahakan tetap tenang dan teliti” ujarnya. (RFQ/AI)