Mahasiswi UNIDA Bogor Gelar KKN Online untuk Usaha Kaum Milenial di Era Pandemi

Jurnalikanews– Selama era pandemi Covid-19, di tahun 2020 mulai banyak bermunculan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang dilakoni para kaum milenial. Melihat semarak milenial yang bersemangat dalam menjalankan usahanya, Tim KKN 4 meramu suatu program kelas online dengan tema “Membangun Eksistensi Usaha Kaum Milenial di Era Pandemi” guna memfasilitasi para milenial untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ketentuan dan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah terkait UMKM terutama dalam bidang pangan.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) 4 Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi Fakultas Ilmu Pangan Halal Universitas Djuanda Bogor merupakan salah satu kelompok KKN mahasiswa kelas ekstensi yang terdiri dari Dela Damayanti Darmono, Firdia Pradita Ramadhanti, Ipung Nurdian Ismayanti, dan Utari Prihatina yang bergerak di bawah binaan Ibu Lia Amalia, S.T, S.S, M.T sebagai dosen pembimbing. Kegiatan KKN ini diselenggarakan selama 3 minggu pada bulan November hingga Desember 2020. Rangkaian acara KKN dilaksanakan selama 6 pertemuan di setiap akhir pekan secara daring melalui aplikasi Google Meet.

Adapun materi yang disampaikan pada setiap pertemuan, antara lain:

  1. Materi Motivasi “From Zero to Hero
  2. Nomor Izin Edar (PIRT dan MD)
  3. Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB)
  4. Label dan Kemasan Pangan
  5. Teknik Pemasaran untuk Usaha Kaum Milenial di Era Pandemi
  6. Pengetahuan Produk Halal
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Keenam materi tersebut disampaikan dengan sistem sharing dua arah bersama kurang lebih 25 pelaku usaha kaum milenial (UKM), sehingga terjalin komunikasi yang baik antara narasumber dan peserta kelas online. Narasumber yang mengisi rangkaian acara ini merupakan aktivis yang berpengalaman pada bidangnya seperti Randy Raharja Marketing Manager “Osha Snack”, Marcelino Gerit Nuryuda S. Freelance Trainer UMKM Kemenperin RI, Muhammad Rifqi Dosen Teknologi Pangan dan Gizi Universitas Djuanda Bogor, Avira Erinistia Mahasiswa Broadcasting Universitas Indonesia, Da’wati Kurnia Imanisa Pelaku Usaha Online dan Lia Amalia Advisor LPPOM MUI.

Dengan mengadakan program kelas online ini, Tim KKN 4 mengharapkan para pelaku UKM dapat dengan sadar mengembangkan usahanya menjadi sektor bisnis yang bisa bersaing baik secara lokal maupun internasional. Tim KKN 4 mengucapkan terima kasih banyak kepada rekan-rekan UKM atas kerjasamanya selama program kelas online ini berlangsung. Semoga kita bisa kembali bertemu di lain kesempatan dengan kondisi yang lebih baik lagi. Jaga kesehatannya ya. Salam sehat!

Kaum milenial?

Asiknya usaha di era pandemi! (DA)

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Tinggalkan Balasan