JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Kemasan Aqua 100% Berbahan Recycled Polyethylene Therepthalate (rPET)

Jurnalikanews- Dampak plastik terhadap lingkungan merupakan akibat negatif yang harus ditanggung alam karena keberadaan sampah plastik. Dampak ini ternyata sangat signifikan. Sebagaimana yang diketahui, plastik yang mulai digunakan sekitar 50 tahun yang silam, kini telah menjadi barang yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Diperkirakan ada 500 juta sampai 1 milyar  plastik digunakan penduduk dunia dalam satu tahun. Ini berarti ada sekitar 1 juta plastik per menit. Untuk membuatnya, diperlukan 12 juta barel minyak per tahun, dan 14 juta pohon ditebang. AQUA rilis kemasan 100% berbahan recycled polyethylene therepthalate (rPET) atau PET daur ulang. Hal itu di tujukan AQUA untuk mengatasi masalah sampah plastik.

Sumber : https://www.sehataqua.co.id/aqua-life-perwujudan-inovasi-kemasan-botol-daur-ulang-dari-aqua/

Meski merupakan hasil inovasi kemasan botol daur ulang, kemasan ini sangat aman untuk dikonsumsi. Kemasannya telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh BPOM, Halal, SNI dan FSSC 22000. Dengan demikian, kualitas AQUA LIFE sama seperti botol dengan menggunakan virgin PET atau PET baru. Penasaran dengan proses produksinya? yuk simak penjelasan ini.

Pertama-tama, botol plastik bekas pakai berbagai merek dikumpulkan oleh pemulung, bank sampah, atau drop box terlebih dulu. Sesudah terkumpul, semuanya dikirim ke Recycle Business Unit (RBU) yang bekerja sama dengan AQUA.

Di sana botol bekas lalu diseleksi. Botol yang layak untuk didaur ulang akan dipisahkan. Sedangkan atribut yang tidak terbuat dari PET seperti tutup botol dan label dilepaskan.

Setelah itu, botol PET akan dimasukkan ke dalam mesin pencacah agar menjadi potongan plastik kecil. Potongan tersebut kemudian dibersihkan dengan air dan dikeringkan. Sesudahnya  dibawa ke pabrik daur ulang plastik mitra AQUA untuk dibentuk kembali menjadi resin rPET (Recycle PET). Nanti resin rPET ini diolah menjadi bahan baku botol yang disebut dengan preform. Preform inilah yang dibawa ke pabrik AQUA dan diproses menjadi botol baru.

PET dipilih oleh AQUA karena keamanan dan kualitas produk dijamin aman hingga ke tangan konsumen. Selain itu, PET meminimalkan dampak terhadap lingkungan. PET diketahui mampu menghemat emisi karbon hingga 75% dibandingkan menggunakan PET baru. Lalu, daur ulang PET bisa memangkas ketergantungan pada bahan baku fosil. 

Jadi seperti itu proses produksi kemasan 100 % recycle milik AQUA. Namun harganya lebih mahal dibandingkan kemasan biasa dimana kemasan 1,5 liter biasanya dijual Rp6,000 – Rp 7,000. Sedangkan untuk kemasan ini, dengan kapasitas 1 liter harganya berkisar antara Rp8,000,- sampai Rp9,000,-.

Masalah penggunaan plastik ini memang perlu diperhatikan, terutama dinegeri kita Indonesia. Yuk kita ikut berkontribusi menjaga lingkungan dengan cara membeli produk AQUA dengan kemasan baru ini. (Ern)

Sumber :
1. https://www.sehataqua.co.id/aqua-life-perwujudan-inovasi-kemasan-botol-daur-ulang-dari-aqua/
2. https://kumparan.com/kanalbali/kemasan-botol-plastik-100-recycle-diluncurkan-aqua-1550227700736276746/full
3. https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/dampak-plastik-terhadap-lingkungan-88