JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Hiburan Recent Update Travel

Grand Canyon Di Indonesia? Ada Di Jawa Barat

Jurnalikanews- Siapa sih yang tidak mengenal Grand Canyon? Mungkin yang ada dibenak anda Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat, namun tahukah kamu di Indonesia sendiri memiliki Grand Canyon yang khas? Yakni bernama Green Canyon, yang berada di daerah Jawa Barat dan biasa disebut Cukang Taneuh oleh warga setempat.

Green Canyon ini berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Asal muasal disebut Green Canyon ialah dari seorang turis asal Perancis yang datang pada tahun 1993. Hal yang mendasari penyebutan Green Canyon yakni airnya yang jernih kehijauan dari sungai dan lumut hijau berlimpah disisi tebing.

Sementara penduduk setempat menyebut destinasi wisata ini sebagai Cukang Taneuh, yang memiliki makna jembatan tanah. Hal ini dikarenakan diatas lembah dan jurang dari Green Canyon terdapat sebuah jembatan dari tanah yang digunakan oleh para petani setempat untuk menuju kebun mereka.

Untuk jalur akses menuju ke Green Canyon sendiri bisa diakses dengan menggunakan transportasi udara dan darat. Green Canyon menyuguhkan pemandangan yang luar biasa, dan juga beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di Green Canyon. Air sungai yang ada di Green Canyon yang super jernih memberikan hasrat untuk berenang menjadi terasa menyenangkan.

Terdapat gua yang menawarkan stalaktit dan stalagmit didalamnya. Stalaktit dan stalagmit sendiri adalah batuan runcing yang terbentuk dari kumpulan kalsit (Kalsium Karbonat) yang mengendap serta mineral-mineral lainnya yang mengendap didalam air. Jika kita ingin memacu adrenalin, Green Canyon menawarkan aksi panjat tebing bagi yang hobi memanjat tebing dan juga sarana memancing bagi para wisatawan yang ingin ketenangan. (AA)

Tinggalkan Balasan