JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update Tips & Trick Uncategorized

8 Jenis Olahraga Beladiri Ini Sangat Direkomedasikan Untuk Wanita

Jurnalikanews – Banyak yang menganggap beladiri merupakan olahraga yang hanya cocok untuk laki-laki. Alasannya? Karena beladiri identik dengan tendangan, pukulan, bahkan kekerasan yang hanya cocok untuk dilakukan para laki-laki. Namun faktanya, beladiri bisa dilakukan oleh semua kalangan tanpa memandang gender seseorang.

Untuk wanita, jenis olahraga ini sangat direkomendasikan dengan alasan keamanan. Apalagi, sekarang ini tingkat kejahatan yang menargetkan wanita semakin tinggi, jadi wanita perlu belajar beladiri agar mampu melindungi diri dari kejahatan yang bisa terjadi dimana saja.

Secara teknik, gerakan beladiri untuk wanita tidak jauh berbeda dibandingkan dengan gerakan untuk laki-laki. Adapun teknik dasar yang harus dikuasai wanita berupa cara bertahan dari serangan tinju, tendangan, bahkan bergulat dalam posisi berdiri atau berguling di atas tanah. Namun, para wanita juga harus memilih jenis beladiri apa yang cocok untuk mereka.

Dirangkum dari sehatq.com, berikut ini beberapa jenis beladiri yang direkomendasikan untuk wanita.

  • Karate

Karate merupakan jenis olahraga beladiri yang paling dinamis gerakannya. Inti dari gerakan karate sendiri adalah koordinasi pikiran dan tubuh, sehingga tubuh dapat menghasilkan kekuatan yang dapat merobohkan lawan yang lebih kuat. Jika mempelajari jenis beladiri ini secara rutin, stamina tubuh bisa meningkat, badan akan lebih kuat dan kesehatan mental juga terjaga.

  • Pencak silat

Jenis olahraga beladiri yang satu ini asli dari Indonesia. Melalui pencak silat, wanita akan belajar keahlian menangkis, menyerang, maupun membela dirinya sendiri, dengan atau tanpa senjata.

  • Judo

Judo merupakan cabang olahraga beladiri asal Jepang yang memiliki berbagai macam teknik yang bisa digunakan wanita sebagai pertahanan diri. Teknik yang diajarkan di judo antara lain gerakan menghindarkan diri, melawan, melukai, hingga membuat lawan mengalami cedera parah.

  • Muay Thai

Jenis olahraga beladiri ini berasal dari Thailand dan banyak dipelajari oleh wanita. Teknik dasar dalam Muay Thai adalah penggunaan siku, lutut, dan kepala yang dapat mengakibatkan cedera lebih signifikan pada lawan, dibanding menggunakan kepalan tinju.

  • Wing Chun

Gerakan dalam beladiri ini lebih menitikberatkan wanita untuk mempertahankan diri saat berhadapan dalam jarak dekat dengan lawan, terutama lewat pukulan gabungan dan defleksi untuk mencederai si penyerang.

  • Aikido

Aikido menekankan gerakan menggunakan kekuatan lawan untuk menjatuhkan dirinya sendiri. Jika dilakukan dengan benar, latihan ini sangat efektif untuk melumpuhkan orang jahat tanpa mengeluarkan banyak tenaga.

  • Taekwondo

Beladiri Taekwondo yang berasal dari Korea ini dapat menutupi kekurangan tubuh wanita bagian atas yang relatif lebih lemah dengan tendangan cepat, kuat, serta terarah.

  • Krav Maga

Teknik dari Krav Maga sendiri yakni mencederai atau melucuti senjata yang digunakan lawan. Dalam Krav Maga, wanita akan belajar cara menggunakan bagian tubuhnya sendiri sebagai senjata, terutama lutut dan siku.

Nah, itu dia 8 jenis olahraga beladiri yang direkomendasikan untuk wanita. Jenis-jenis beladiri tadi bisa ditekuni oleh kaum wanita sesuai dengan keinginan dan kemampuan masing-masing. (KS)

Tinggalkan Balasan