JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update Tips & Trick

Aplikasi Online Pendukung Pembelajaran Daring

Sumber: sevima.com

Jurnalikanews – Pandemi COVID-19 di Indonesia merubah sistem di tiap jenjang pendidikan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pembelajaran secara daring,baik yang dilakukan pada tingkat SD, SMP, SMA maupun kuliah. Seluruh aktivitas pembelajaran dilakukan secara virtual melalui aplikasi online tertentu. Gerak-gerik pelajar maupun mahasiswa hanya dapat diawasi melalui kamera aplikasi online tersebut.

Keterbatasan dalam mengajar termasuk salah satu kelemahan dari sistem pembelajaran daring seperti ini. Materi yang disampaikan oleh guru maupun dosen tidak bisa kita dapatkan secara penuh seperti pembelajaran secara tatap mukakarena terbatasnya media pembelajaran. Para pelajar dan mahasiswa dituntut untuk lebih mandiri dalam penguasaan materi yang diberikan.

Dikutip dari Sevima.com, Perkembangan teknologi saat ini sangat berperan untuk segala aktivitas. Seperti dapat menunjang aktivitas akademis jika anda dapat memanfaatkannya dengan baik. Berikut beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu pembelajaran secara daring.

1. Ruangguru

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Pembelajaran yang dilakukan berbasis kurikulum sekolah melalui video tutorial interaktif oleh guru dan animasi di aplikasi ponsel dan komputer. Aplikasi Ruangguru memiliki fitur yang lengkap dan mudah sekali digunakan, namun fitur tersebut hanya dapat digunakan untuk member premium.

2. Zenius.net

Zenius.net merupakan aplikasi yang menyediakan produk dan jasa untuk kegiatan belajar secara online. Layanan bimbel online ini didirikan pada tahun 2007 oleh Sabda PS dan Medy Suharta. Mereka telah menyediakan lebih dari 80.000 video pendidikan dan ratusan ribu latihan soal untuk berbagai jenjang, mulai dari SD sampai SMA.

3. Google Classroom

Google Classroom adalah aplikasi daring untuk menunjang kegiatan belajar dengan memanfaatkan akun gmail sebagai layanan lingkup pendidikan online. Layanan gratis tersebut ditujukan untuk menyederhanakan mendistribusikan, dan menilai tugas dengan cara tanpa kertas. Pemakaiannya pun terbilang mudah, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut di Play Store dan dapat langsung digunakan.

4. Sevima EdLink

Sevima EdLink adalah aplikasi berbasis android yang dikhususkan untuk dunia pendidikan. Aplikasi ini dapat membantu guru atau dosen menghemat waktu, menjaga kelas tetap teratur dan meningkatkan komunikasi dengan mahasiswa. Aplikasi canggih ini dapat anda unduh di Play Store secara gratis.

5. Microsoft

Microsoft juga menyediakan aplikasi belajar online. Peserta didik dan pendidik berhak menggunakan Office 365 Education gratis. Peserta didik cukup memasukkan alamat surel sekolah saja.

6. Moodle

Moodle adalah singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic LearningEnvironment. Merupakan aplikasi yang dapat diakses secara gratis untuk kegiatan belajar secara online. Moodle adalah platform yang bersifat web-based, sehingga seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan mengakses website menggunakan browser

7. Blackboard CourseSites

Blackboard adalah merupakan aplikasi sekaligus portal penyedia layanan pendidikan online yang dapat diakses secara gratis. Aplikasi ini biasanya digunakan oleh berbagai universitas.  Pembelajarannya berbasis Web dengan perangkat lunak server yang memiliki manajemen, arsitektur terbuka, dan desain scalable yang memungkinkan integrasi dengan sistem informasi mahasiswa dan protokol otentikasi.

8. Schoology

Schoology adalah aplikasi Learning Management System (LMS). Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar secara gratis. Biasanya beberapa universitas juga menggunakan aplikasi ini.

9. Latitude Learning

Latitude Learning adalah portal layanan LMS pendidikan yang bisa digunakan oleh 100 pengguna sekaligus dalam satu kelas. Aplikasi ini sangat cocok bagi guru individual yang mengajar di kelas-kelas. Fokus latitude berbeda dengan LMS lainnya, yaitu lebih fokus pada bidang akademis.

10. Edmodo

Edmodo merupakan perusahaan teknologi pendidikan yang menawarkan alat komunikasi, kolaborasi, dan pembinaan untuk guru dan sekolah K-12. Jaringan Edmodo memungkinkan guru untuk berbagi konten, mendistribusikan kuis, tugas, dan mengelola komunikasi dengan siswa, kolega, dan orang tua. Aplikasi ini adalah platform microblogging pribadi yang dikembangkan sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar secara online.

11. Quipper

Quipper merupakan perusahaan teknologi pendidikan, yang menyediakan layanan produk atau jasa pendidikan bagi siswa di Indonesia. Pada awalnya, layanan utama perusahaan adalah Learning Management System (LMS) yang beroperasi secara berbeda di negara bersangkutan. Layanan terus berkembang dengan menyediakan fasilitas bimbingan belajar, tutor online hingga info masuk perguruan tinggi.

Tersedianya berbagai aplikasi online menjadi pilihan untuk memaksimalkan pembelajaran. Penggunaan aplikasi tersebut pun terbilang mudah. Anda dapat memilih aplikasi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. (US)

Tinggalkan Balasan