JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Hiburan Kesehatan Recent Update Tips & Trick

Menjaga Kesehatan Mata Saat Pembelajaran Online

Sumber : republika.co.id

Jurnalikanews- Pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran secara daring menjadi salah satu alternatif kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19. Akibat pembelajaran jarak jauh ini membuat para pelajar sering menggunakan komputer dan alat digital lainnya. Padahal terlalu sering menatap layar komputer dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata.

Terlalu lama menatap layar komputer membuat mata kita menjadi lelah. Berikut beberapa gelaja lain yang dapat muncul jika terlalu lama menatap layar laptop:

  • Penglihatan menjadi kabur

Terlalu lama menatap objek pada jarak yang sama dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan sistem fokus mata kejang atau “terkunci” sementara waktu. Hal ini dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur saat mata berpaling dari layar.

  • Sakit kepala

Terlalu sering menatap layar membuat kita sering mengeluh sakit kepala di sekitar pelipis dan mata setelah menatap layar. Hal ini disebabkan karena mata terlalu lama konsentrasi terhadap layar sehingga menyebabkan sakit kepala.

Penyebab lainnya juga bisa berasal dari pencahayaan dari komputer yang kurang ideal. Hal ini juga dapat menyebabkan sakit kepala akibat lelah menyipitkan mata.

  • Mata kering

Orang yang menatap layar komputer secara signifikan akan jarang berkedip. Hal ini dapat menyebabkan mata menjadi kering dan iritasi. Apalagi komputer atau benda digital yang digunakan biasanya diletakkan di area visual yang lebih tinggi dari pada buku. Akibatnya, kelopak mata atas cenderung terbuka lebih lebar dan dapat menyebabkan mempercepat penguapan lapisan air mata.

Kalau seperti ini bagaimana cara mencegahnya supaya hal tersebut tidak terjadi? Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata disaat kita harus berlama- lama menatap layar komputer:

  1. Kurangi tingkat kecerahan layar
  2. Gunakan komputer maksimal 2 jam dengan jarak baca minimal 40-50 cm
  3. Setiap 20 menit menatap layar komputer, istirahatkan mata selama 20 detik dengan cara memandang pemandangan yang berjarak 20 kaki atau 6 meter
  4. Lakukan relaksasi mata dengan cara memijit kelopak mata dan area wajah untuk meringankan tekanan otot wajah atau lirikan mata ke atas, ke bawah, ke kanan dan ke kiri. Serta jangan lupa untuk berkedip untuk melembabkan permukaan mata.

Selain hal di atas, jangan lupa untuk mengkonsumsi sayur dan buah, terutama yang mengandung vitamin A, seperti wortel, bayam, mangga, pepaya, dll. Dengan mengkonsumsi sayur dan buah, tidak hanya kesehatan mata yang terjaga, namun juga kesehatan tubuh akan terjaga karena terdapat kandungan vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan perlindungan dalam menjalani kebiasaan baru di masa pandemi saat ini.(WA)

Tinggalkan Balasan