JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Inspirasi Kesehatan Recent Update Saduran Tips & Trick

Pentingnya Menjaga Kesehatan Emosional dan Tips Menghindarinya

Sumber: Parenting.co.id

Jurnalikanews– Kesehatan Emosional merupakan keadaan kesejahteraan yang positif yang memungkinkan seseorang untuk dapat berfungsi dalam masyarakat dan memenuhi tuntutan kehidupan sehari-hari. Orang yang sehat secara emosional mampu mengendalikan pikiran, perasaan, dan perilaku mereka. Sehat secara emosional juga mampu membuat kita mengatasi tantangan hidup.

Dilansir dari Healtdetik.com, selama pandemi virus Corona atau COVID-19, masyarakat yang mengalami gangguan kejiwaan meningkat hingga 57,6 persen. Kebanyakan disebabkan akibat banyak masyarakat yang kehilangan kesempatan yang disenanginya selama pandemi.

“Menurut PDKJI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia) ada peningkatan kasus depresi, 57,6 persen di era pandemi ini,” ujar Kepala Instalasi Kesehatan Jiwa RSUD Banyumas, dr Hilma Paramita, Jumat (9/10/2020).

Dia menyatakan jika perubahan di masa pandemic ini memaksa individu untuk dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru. Namun tidak semua individu siap untuk dapat beradaptasi, sehingga menimbulkan masalah kesehatan kejiwaanya.

Sehat secara emosional bukan berarti kita selalu bahagia dan tak pernah merasakan kesedihan. Seseorang bisa dikatakan sehat secara emosional jika mereka sadar akan emosi mereka, entah itu emosi positif atau negatif. Orang yang sehat secara emosional juga bisa merasa marah, stres, atau sedih. Akan tetapi, mereka tahu bagaimana cara mengelola perasaan negatif itu. Lalu, bagaimana agar kita bisa sehat emosional?

Penelitian menunjukkan orang yang sehat emosional memiliki tanda-tanda kesehatan fisik yang baik. Sehat emosional juga membuat kita terhindari dari risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan berat badan berlebih. Berikut tips agar kita sehat emosional:

  1. Waspadai emosi dan reaksi kita cobalah untuk memperhatikan hal apa dalam hidup yang membuat kita sedih, frustasi, dan marah. setelah mengetahuinya, cobalah untuk mengubah kondisi tersebut.
  2. Ungkapkan perasaan dengan cara yang tepat biarkan orang yang dekat dengan anda tahu jika ada sesuatu yang mengganggu anda. Menyimpan perasaan sedih atau marah di dalam hati hanya menambah stres. Bahkan, memendam perasaat dapat menyebabkan masalah dalam hubungan dan di tempat kerja atau sekolah.
  3. Berpikirlah sebelum bertindak beri diri anda waktu untuk berpikir dan bersikap tenang sebelum mengatakan atau melakukan sesuatu yang mungkin bisa anda sesali. Kelola stres pelajari metode relaksasi untuk mengatasi stres. Cara ini bisa termasuk pernapasan dalam, meditasi, dan olahraga.
  4. Upayakan keseimbangan Temukan keseimbangan yang sehat antara bekerja dan bermain, dan antara aktivitas dan istirahat. Luangkan waktu untuk hal-hal yang anda sukai. Fokuslah pada hal-hal positif dalam hidup Anda.
  5. Temukan tujuan dan makna hidup. Cari tahu apa yang penting bagi anda dalam hidup, dan fokuslah pada hal itu. Habiskan waktu untuk melakukan apa yang terasa berarti bagi anda.

Jadi, 5 tips itulah yang bisa anda lakukan agar terhindar dari kesehatan emosional. (SEA)

Sumber :

https://health.kompas.com/read/2020/11/29/060200768/pentingnya-kesehatan-emosional-dan-cara-mendapatkannya?page=1

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5207238/depresi-meningkat-selama-pandemi-dokter-jiwa-ungkap-penyebabnya?_ga=2.129859017.479882614.1606708725-846625802.1606708725

Tinggalkan Balasan