JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Inspirasi Recent Update Saduran

7 Orang Paling Berpengaruh di Indonesia : Tiza Mafira Penggagas Kantong Plastik Berbayar

Sumber : mediaindonesia.com

Jurnalikanews- Tokoh paling berpengaruh di Indonesia saat ini sangat banyak dan beragam profesinya seperti, menteri, konglomerat, seniman, politikus, dokter atau pekerja profesional lainnya. Mereka adalah orang yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan dan hajat hidup sebagian besar masyarakat Indonesia dan juga berprestasi serta dikenal di dunia internasional. Segala tindak perilaku, penampilan, ucapan orang berpengaruh tersebut selalu menjadi sorotan, perhatian dan dinantikan media masa dan masyarakat Indonesia.

1. Najwa Shihab

Najwa Shihab yang akrab dipanggil Nana, semasa SMA ia terpilih mengikuti program American Field Service (AFS), yang di Indonesia program ini dilaksanakan oleh Yayasan Bina Antarbudaya, selama satu tahun di Amerika Serikat. Penghargaan yang sudah ia raih sangat banyak, diantaranya yaitu, ia memperoleh penghargaan dari PWI Pusat dan PWI Jaya untuk laporan-laporannya dari Aceh saat bencana tsunami pada bulan Desember 2004, kemudian bersama sejumlah wartawan dari berbagai negara, Najwa terpilih menjadi peserta Senior Journalist Seminar yang berlangsung di sejumlah kota di AS, ia juga masuk nominasi (5 besar) Asian Television Awards untuk kategori Best Current Affairs/Talkshow Presenter, dan masih banyak penghargaan lainnya yang sudah Najwa Shihab raih.

2. Susi Pudjiastuti

Ia adalah seorang mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019. Susi Pudjiastuti juga pengusaha pemilik dan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil-hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air dari Jawa Barat.

3. Sri Mulyani  

Sri Mulyani adalah pakar ekonomi yang saat ini menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia sejak 2016. Sri Mulyani telah membuktikan eksistensinya bukan hanya di Indonesia tetapi juga di kancah internasional. Beliau pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia yang membuatnya berhasil menjadi orang Asia pertama yang menduduki jabatan tersebut. Dengan kemampuannya, Sri Mulyani sering dipercaya sebagai representatif dari Bank Dunia dalam G20.

4. Luhut Binsar Pandjaitan

Mengurus negara kepulauan terbesar di dunia bukanlah hal yang mudah. Hal tersebut menjadi tanggung jawab dari Luhut Binsar Pandjaitan yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia. Pada tahun 2015, Luhut pernah ditunjuk langsung oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Keputusan tersebut tampaknya dipengaruhi oleh kapabilitas Luhut yang terlihat saat beliau menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia sejak 2014.

5. Nadiem Makarim

Seperti yang dilansir pada Majalah TIME saat kembali merilis daftar 100 tokoh yang paling berpengaruh dalam menentukan masa depan dunia pada tahun 2019. Di dalam daftar tersebut, terdapat nama pendiri Go-Jek yaitu Nadiem Makarim. Ia menjadi satu-satunya tokoh asal Indonesia yang masuk dalam daftar. Dalam laporan yang dimuat di situs TIME, Nadiem Makarim yang saat ini menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berada di posisi yang tepat untuk membentuk para pemimpin masa depan di Indonesia.

6. Veronica Tan

Saat ini, Vero menjadi Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI). Ia juga terlibat dalam perintisan sebuah aplikasi penyedia jasa perawat medis. Vero berharap ada pelayanan kesehatan yang semakin berkualitas dengan perawatan intensif yang dapat dilakukan di masing-masing rumah pasien melalui terobosan berbasis digital. Selain itu, ia juga terpanggil untuk membantu dan melayani sesama melalui kegiatan pemberdayaan perempuan.

7. Tiza Mafira 

Ia adalah seorang Aktivis lingkungan. Ia dikenal sebagai orang muda yang menggagas kebijakan kantong plastik berbayar yang diberlakukan di berbagai supermarket di Indonesia. Idenya tidak hanya menginspirasi Indonesia, tapi juga dunia. Tiza juga menjadi penggagas berdirinya Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik sejak tahun 2013 bersama dengan berbagai lembaga pegiat isu kantong plastik. (NAM)

Sumber :

https://www.merdeka.com/artis/mantan-istri-ahok-veronica-tan-masuk-jajaran-20-tokoh-berpengaruh-di-indonesia.html?page=2

https://www.tribunnewswiki.com/2020/06/18/20-tokoh-berpengaruh-di-indonesia-tahun-2020-versi-bazzar-ada-susi-pudjiastuti-hingga-najwa-shihab?page=3

https://investor.id/business/inilah-5-tokoh-berpengaruh-di-indonesia

https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/19/11/18/q161ys1517000-satusatunya-dari-indonesia-nadiem-makarim-masuk-daftar-100-orang-paling-berpengaruh-di-dunia

Tinggalkan Balasan