Sidang Terbuka Senat Politeknik AKA Bogor Tahun 2020

Sumber : Dokumentasi pribadi

Jurnalikanews – Sabtu, 28 November 2020 telah  berlangsung kegiatan  Sidang Terbuka Senat Politeknik AKA Bogor yang diselenggarakan  oleh pihak  Politeknik AKA Bogor secara sistem hybrid pada pukul 07.45-11.45 WIB, dimana sistem hybrid merupakan perpaduan pelaksanaan secara luring dan daring. Sidang terbuka senat Politeknik AKA Bogor merupakan sidang yang dilakukan dalam rangka wisuda lulusan program diploma di Politeknik AKA Bogor. Sidang terbuka oleh senat Politeknik AKA Bogor merupakan agenda tahunan yang ditujukan untuk mewisuda lulusan program diploma di Politeknik AKA Bogor  pada setiap angkatan.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh direktur Politeknik AKA Bogor, para pudir, senat, panitia, ketua Ikatan Alumni Politeknik AKA Bogor ( IKA AKAB),  dan beberapa wisudawan/wisudawati. Prosesi wisuda dilaksanakan dengan mematuhi Protokol Kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah dan rekomendasi dari Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Bogor. Para wisudawan yang hadir secara luring, panitia serta senat akademik Politeknik AKA Bogor sebelumnya sudah  menjalani tes kesehatan sebagai tindakan pencegahan (preventif)  pada satu hari sebelum acara berlangsung . Sesuai anjuran pemerintah, semua peserta diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan 3M. Peserta yang mengikuti acara diwajibkan menggunakan Masker dan Face Shield. Sebelum peserta memasuki gedung, akan dilakukan screening dengan pengukuran suhu tubuh dan mewajibkan untuk mencuci tangan serta menggunakan hand sanitizer. Dalam rangka menjaga jarak, posisi duduk para peserta telah dikondisikan untuk berjarak 1 meter dengan peserta lain. Serta selama prosesi wisuda berlangsung, para peserta tidak diperkenankan membuka masker dan face shield.

Adapun rangkaian kegiatan acara sidang terbuka ini  diawali dengan prosesi senat yang diikuti 19 senat akademik Politeknik AKA Bogor dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama, dilanjutkan dengan lagu Hymne, Mars Politeknik AKA Bogor dan Insan Oke. Pembukaan sidang terbuka dilakukan oleh ketua senat akademik Politeknik AKA Bogor Ir Maman Sukiman, M.Si dan dilanjutkan pembacaan laporan oleh bu Henny Rochaeni, M.Pd selaku direktur Politeknik AKA Bogor. Pada kegiatan wisuda ini dilakukan serentak bersamaan dengan wisuda di politeknik/ akademi komunitas/ SMK SMTI di bawah Kementerian Perindustrian RI dan akan bergabung dengan acara pengarahan dari Menteri Perindustrian RI secara virtual. Prosesi dilanjutkan dengan pelantikan wisuda secara luring yang dilakukan penyematan tali toga oleh direktur sedangkan wisudawan daring penyematan dilakukan oleh orang tua masing-masing. Pada kesempatan ini juga akan dilakukan pemberian secara simbolis kartu alumni oleh Ketua IKA AKAB, Lagu Persembahan, Doa Bersama, dan Menyanyikan lagu Bagimu Negeri. Setelah menyanyikan lagu bagimu negeri maka kegiatan sidang terbuka ditutup oleh ketua senat Politeknik AKA Bogor dan senat Politeknik AKA Bogor meninggalkan ruangan auditorium.

Jumlah wisudawan yang akan diwisuda berjumlah 383 orang, yang terdiri dari : 272 orang dari program studi analisis kimia, 57 orang dari program studi penjaminan mutu industri pangan, dan 54 orang dari program studi pengolahan limbah industri. Dimana wisudawan yang hadir secara luring di Kampus Politeknik AKA Bogor adalah wisudawan dan wisudawati berpredikat cumlaude sedangkan wisudawan dan wisudawati yang lain akan bergabung  secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini juga di tampilan secara langsung di akun YouTube Politeknik AKA Bogor.

Adapun wisudawan/wisudawati dengan kelulusan terpuji (cumlaude) sebanyak 86 orang, 267 orang lulus sangat memuaskan, dan 30 orang lulus memuaskan. Berikut lulusan terbaik pada wisuda tahun ini, (1) Program D3 Analisis Kimia Akselarasi: Desma Puji Nurmaningtiyas IPK 3,87; Program D3 Analisis Kimia reguler: Noventa Wardhani IPK 3,85; (2) Program Studi Penjaminan Mutu Industri Pangan : Hasani Zulfikar IPK 3,60 dan (3) Program Studi Pengolahan Limbah Industri: Rossy Harisma Putri IPK 3,58.

Pada tahun ini pandemi COVID-19 telah berdampak pada sektor industri termasuk pada kebutuhan tenaga kerja dari lulusan Politeknik AKA Bogor. Serapan lulusan tahun ini lebih rendah dibandingkan serapan lulusan tahun 2019. Wisudawan/ wisudawati yang sudah bekerja yang akan diwisuda tahun ini sebanyak 139 orang atau 36,29% sudah bekerja di industri dan atau melanjutkan studi atau wirausaha sedangkan wisudawan yang lain masih dalam proses rekrutmen.

“Tahun ini adalah tahun pandemi dan cobaan umat manusia secara global. Rezeki tidak akan tertukar dan disetiap cobaan pasti ada hikmahnya. Sekarang bagaimana kita memberikan kontribusi bagi umat manusia umumnya dan negara Indonesia khususnya dengan menjaga protokol kesehatan melalui penerapan 3M. Sukses buat para wisudawan, semoga Allah senantiasa memberkahi perjalanan hidup kalian.” pesan Nandang selaku salah satu dosen di Politeknik AKA Bogor . (Kos/ IYMI)

Tinggalkan Balasan