JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Inspirasi Kuliner Recent Update Saduran Tips & Trick

Trend Saus Mentai, Ini Resepnya !

Sumber : Kurio.Id

JurnalikanewsIndonesia sudah cukup lama mengkonsumsi makanan – makanan yang berhubungan dengan negara Jepang seperti sushi dan ramen. Kini makanan khas Jepang sudah mudah kita dapatkan di Indonesia mulai dari restoran bahkan café kecil pinggir jalan sudah meyediakan berbagai macam makanan khas Jepang. Salah satu makanan khas jepang yang sedang hits di Indonesia adalah saus mentai.

Awal terciptanya saus mentai sendiri terinsiprasi dari gaya makanan Western dimana mentaiko dikombinasi dengan mayonnaise sehingga menghasikan tekstur yang kental. Namun di Indonesia sendiri saus mentai sudah dimodifakasi dengan beragam bumbu sehingga rasanya lebih bisa diterima oleh lidah masyarakat Indonesia. Saus mentai yang sudah dimodifaksi terdiri dari bahan-bahan yang mudah didapat serta cara pembuatannya sangat mudah. Berikut bahan dan tips cara membuat saus mentai :

Bahan :

  1. 500 g mayonnaise
  2. 150 g saus sambal
  3. 2 sdm bubuk paprika ( optional )
  4. 150 g tobiko
  5. 2 sdt air lemon
  6. 2 sdt kecap asin

Langkah – langkah mebuat saus mentai :

  1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
  2. Campurkan mayonnaise, saus sambal, kecap asin, madu, air lemon kedalam wadah kaca kemudian diaduk sampai merata. Setelah semua bahan tercampur rata masukan tobiko, aduk lagi hinga tercampur sempurna.
  3. Saus mentai siap disajikan,

Keunikan rasa dari saus mentai biasa dimanfaatkan untuk bisnis kuliner dengan meciptakan menu-menu yang dikombinasikan dengan saus mentai. Berikut list makanan yang cocok dikombinasikan dengan saus metai :

  1. Mentai Rice
Sumber : Beautynesia.id

Mentai rice merupakan olahan makanan yang bahan utamanya adalah nasi yang sudah dicampur dengan beberapa bahan untuk menambah cita rasa. Biasanya mentai rice ini dipadukan dengan beberapa topping untuk menambah kenikmatannya seperti salmon, keju dan nori. Pada bagian atas disiram dengan saus mentai yang kemudian dioven untuk meberikan efek terbakar.

  • Spaghetti Mentai
Sumber : Heytheresia.com

Spaghetti adalah salah satu jenis pasta yang berbentuk Panjang, tipis dan padat. Spaghetti menyerupai mie yang merupakan makanan khas Italia. Biasanya spaghetti dipadukan dengan saus barbeque. Namun akhir – akhir ini spaghetti sudah dipadukan dengan saus mentai. Rasa yang dihasilkan dari kombinasi ini yaitu gurih, creamy dan yang pasti sangat lezat. Cocok untuk kalian yang bosen makan spaghetti dengan saus yang biasanya.

  • Dimsum Mentai
Sumber : pergikuliner.com

Dimsum merupakan makanan olahan dari daging yang dibungkus dengan kulit pangsit. Makanan ini sudah popular di Indonesia. Dimsum biasa dinikmati dengan cocolan saus sesuai selera. Kenikmatan dimsum belakangan ini dikombinasikan dengan saus mentai. Saus mentai ini biasanya dijadikan topping dibagian atas dimsum dengan campuran nori dan keju. Dan dioven untuk menambah kesan efek terbakar.

Makanan – makanan kombinasi saus mentai ini sangat cocok untuk dinikmati bahkan bisa dijadikan peluang bisnis kuliner loh. Yuk dicoba, jangan sampai terlewatkan!!  ( Mlla )

Tinggalkan Balasan