JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Berita Internal Recent Update

Ankim Young Entrepreneur Center , Program Baru Untuk Wirausaha Muda

sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CG9d-Yqlyf9/

Jurnalikanews- Masa pandemi ini banyak sekali tantangan untuk bertahan hidup sehingga manusia dituntut untuk  mencari alternatif dalam mengatasi sulitnya mencari pekerjaan yang layak demi sesuap nasi. Berdagang atau berwirausaha memang bukanlah hal yang mudah dan bukan merupakan alternatif sembarangan untuk dijadikan sumber mata pencaharian. Perlu mental dan psikologis yang kuat agar dapat sukses dan bertahan dalam berwirausaha. Dan salah satu aspek yang paling penting dalam berwirausaha adalah pemasaran atau branding dari suatu produk atau jasa yang ditawarkan dan tentunya hal ini tidak mudah dan murah untuk didapatkan oleh seorang wirausahawan. Terdapat banyak wadah dalam mempromosikan suatu barang atau jasa kita, namun tidak banyak yang menawarkan nya secara gratis. Hal ini dapat di jawab oleh Himpunan Mahasiswa Analisis Kimia ( HIMA ANKIM ) Politeknik AKA Bogor Periode 2020/2021 .

Himpunan Mahasiswa Analisis Kimia ( HIMA ANKIM ) Politeknik AKA Bogor Periode 2020/2021 mengadakan suatu program yang sangat bermanfaat bagi kaum wirausahawan muda khususnya bagi mahasiswa aktif jurusan Analisis Kimia di Politeknik AKA Bogor itu sendiri. Program ini dinamakan Ankim Young Entrepreneur Center ( AYEC ) dengan Cecilia sebagai Ketua AYEC dan Gilang sebagai Ketua Divisi Badan Usaha dan Kemasyarakatan ditambah dengan tim khusus yang dibentuk oleh HIMA ANKIM dalam menyukseskan program AYEC tersebut. Ankim Young Entrepreneur Center (AYEC) ini merupakan program terbaru dari Divisi Badan Usaha dan Kemasyarakatan ( BUSMAS ) HIMA ANKIM kabinet Abhinapraya periode 2020/2021. Program AYEC ini berisikan wirausahawan muda di Politeknik AKA Bogor khususnya jurusan Analisis Kimia dimana mereka dapat mempromosikan dan mendeskripsikan usaha mereka melalui podcast singkat yang bisa dilihat di sosial media instagram HIMA ANKIM. Tidak hanya itu , para wirausahawan muda ini juga secara tidak langsung memberikan motivasi kepada mahasiswa lainnya untuk berani dan mengambil langkah dalam memulai usaha mereka sendiri atau berwirausaha . Program AYEC tiap minggunya mempublikasikan wirausahawan yang sudah mendaftar dan memenuhi kualifikasi  dan setiap akhir pekan akan membuka pendaftaran kembali .

“Tujuan diadakannya program ini adalah agar mahasiswa bisa sadar dan bertahan hidup di masa mendatang karena melihat situasi kondisi negara kita saat ini dimana, banyak tenaga asing yang masuk, dan persaingan mencari pekerjaan semakin sulit. Berwirausaha dapat menjawab permasalahan tersebut, dimana kita bisa membuka lapangan kerja baru dan dapat mengurangi angka pengangguran.” Ujar Gilang selaku Ketua Divisi Badan Usaha dan Kemasyarakatan .

Persyaratan untuk mengikuti program AYEC adalah mahasiswa yang mendaftar hanya bisa mahasiswa jurusan Analisis Kimia dan tidak ada persyaratan spesifik lainnya dan juga  AYEC menerima dan memperbolehkan segala jenis usaha baik itu berupa barang ataupun jasa selagi tidak melenceng dam berbau negatif . Tidak adanya persyaratan spesifik lain memudahkan peminat untuk berpartisipasi dalam program ini.

“Sejauh ini ada 8 usaha yang sudah mendaftar dan sudah 5 usaha yang dipublikasikan.” Ujar Gilang selaku Ketua Divisi Badan Usaha dan Kemasyarakatan .

Program AYEC ini berupa HIMA ANKIM memfasilitasi wirausahawan untuk dapat mempromosikan produk berupa barang atau jasa yang di tawarkan untuk di promosikan atau diiklankan di Instagram HIMA ANKIM. Tahap yang pertama yaitu wirausahawan yang mengikuti program AYEC dapat menyertakan audio berisi deskripsi produk lalu foto atau video yang juga berisi deskripsi produk mereka. Kemudian hasilnya dibuat berupa konten yang akan di publikasikan di  Instagram HIMA ANKIM dan di keep di feed selamanya. Dan tentunya ini semua tidak dipungut biaya sepeserpun terhadap peserta.

“Oiya dalam hal ini, semua pengurus HIMA ANKIM juga ikut mempromosikan bisnis mereka dengan menyebarluaskannya di media sosial pribadi masing-masing. Untuk alur proses mengikuti programnya yaitu , secara berkala, para pengurus akan menyebarkan jarkoman ke kelas kelas terlebih dahulu. kemudian mereka yang tertarik dalam hal ini dapat mengisi formulir pada google form yang sudah disediakan. nantinya pihak AYEC akan menghubungi yg bersangkutan kemudian usahanya siap di publikasikan” ujar Cecilia selaku Ketua Program AYEC . (IBH/BAW)

Tinggalkan Balasan