JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Kuliner Recent Update Travel

Berlibur ke Pemalang, Yuk Cobain Salah Satu Makanan Khasnya !

Gambar Tempat Makan Nasi Grombyang Pak H. Warso tampak depan
Sumber gambar : dokumentasi pribadi

Jurnalikanews – Kota Pemalang yang berada di Jawa tengah ini memiliki keindahan akan wisata alamnya. Tidak heran banyak pengunjung yang mengunjungi kota yang satu ini. Jika kalian sedang berkunjung ke kota ini, wajib banget untuk mencoba salah satu makanan khasnya yaitu Nasi grombyang. Nasi grombyang yang cukup terkenal dikota ini adalah Nasi Grombyang Pak H. Warso.

Gambar Nasi Grombyang Pak H. Warso
Sumber gambar : dokumentasi pribadi

Nasi Grombyang Pak H. Warso ini terletak di Jalan R.E. Martadinata Pelutan di dekat alun-alun kota Pemalang. Letaknya yang strategis membuat tempat makan ini sangat mudah untuk dikunjungi. Nasi grombyang ini sekilas terlihat mirip rawon karena menggunakan kluwek sehingga kuahnya berwarna hitam. Namun tekstur kuahnya lebih encer bila dibandingkan dengan rawon. Nasi grombyang ini berisi nasi dengan potongan daging sapi atau kerbau yang cukup besar namun sangat empuk sekali disiram dengan kuah hitam lalu disajikan dengan taburan daun bawang serta bawang goreng. Cita rasanya yang khas dengan bumbu rempah-rempah yang kuat serta pada kuahnya menggunakan kelapa sangrai membuat aromanya sangat menggunggah selera.

Gambar Sate khas Nasi Grombyang Pak H.Warso
Sumber gambar : banyumurti.net

Tidak hanya itu, disini juga tersedia sate. Satu tusuk satenya terdiri dari potongan daging sapi atau kerbau dengan ukuran cukup besar namun empuk saat di makan. Sate pada nasi grombyang ini berbeda dari sate-sate pada umumnya, sate ini berupa daging berbumbu yang diungkep dibalut dengan bumbu kelapa sangrai parut menjadi aroma dan citarasa sate ini sangat khas. Seporsi nasi grombyang di banderol dengan harga Rp 15.000 sedangkan untuk sate nya pertusuk seharga Rp 3.000. Cita rasa dan aroma yang khas inilah yang menjadikan Nasi grombyang cukup unik dan wajib untuk kalian coba. (SMM)

Tinggalkan Balasan