JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Hiburan Recent Update Travel

Berlibur Ke Bandung? Jangan Lewati Objek Wisata Yang Satu Ini!!!

Sumber : Dokumen Pribadi

Jurnalikanews – Kawah Putih, merupakan objek wisata yang sangat terkenal berlokasi di Ciwidey, Jawa Barat, kurang lebih berjarak sekitar 50 km arah selatan Kota Bandung. Kawah Putih adalah sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau yang berada di kawasan Kawah Putih juga mempunyai warna putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu dan cuaca.

Kawah Putih Ciwidey berada di kawasan pegunungan yang mempunyai ketinggian kurang lebih 2400 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, suhu udara di kawasan Kawah Putih berkisar antara 22 oC sampai 8 oC, oleh karena itu jangan lupa membawa jaket dan memakai pakaian yang tebal serta membawa paying, lumayan sering hujan juga soalnya.

Kawah Putih sendiri terletak di km 25 Jalan Raya Soreang, berlokasi tidak jauh dari tempat wisata Situ Patenggang dan sangat mudah dicapai menggunakan kendaraan pribadi. Dari Jakarta, kita hanya perlu menggunakan jalur tol Cipularang dan keluar melalui pintu tol Kopo. Dari sana kita harus menuju ke Soreang dan berkendara ke arah selatan Ciwidey.

Setelah melewati gerbang tiket Kawah Putih, kita harus berkendara sedikit lebih jauh menaiki pegunungan tersebut. Selama diperjalanan kita disuguhkan pohon-pohon yang menjulang tinggi ke atas serta pemandangan bentang alam yang cukup luas. Sesampainya di parkiran, kita dapat merasakan hawa dingin khas pegunungan yang menyejukan tubuh, tidak jarang juga terdapat awan kabut yang menyelimuti parkiran disana.

Kawah Putih sendiri telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti terdapatnya tempat mencuci tangan dan hand sanitizer gratis. Setelah menuruni tangga yang terletak tak jauh dari parkiran, barulah kita dapat menikmati keindahan Kawah Putih yang sebenarnya. Aroma khas belerang dan sisa-sisa ranting pohon juga ikut menghiasi sekitaran danau menjadikan tempat tersebut instagramable dan kerap digunakan pengunjung sebagai tempat favorit untuk foto prewedding, membuat film, melukis, sampai dengan kegiatan mendaki dan berkuda. (MRA)

Sumber :

1. https://anekatempatwisata.com/wisata-bandung-kawah-putih-ciwidey/

2. https://kumpulan.info/wisata/kawah-putih

Tinggalkan Balasan