JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Gaya Hidup Recent Update Tips & Trick

Solusi Menghilangkan Rasa Bosan Pembelajaran Jarak Jauh di Era Pandemi Covid-19

Sumber foto : Monitor.co.id

Jurnalikanews – Penerapan sistem pembelajaran jarak jauh saat ini masih dilakukan di seluruh instansi pendidikan di Indonesia, efek dari virus covid 19 memaksakan seluruh instansi pendidikan di indonesia dituntut untuk mengubah sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi sistem pembelajaran jarak jauh. Hal tersebut membuat pelajar dan mahasiswa dituntut untuk belajar lebih ekstra dari sebelumnya.

Sudah 6 bulan lamanya para pelajar dan mahasiswa menjalani sistem pembelajaran jarak jauh, sudah banyak keluhan dari para pelajar dan mahasiswa yang mulai merasa bosan karena sistem pembelajaran jarak jauh ini tak kunung usai. Tidak jarang ketika sedang menjalani pembelajaran jarak jauh melalui platrom video conference terdapat pelajar atau mahasiswa yang merasa kantuk yang diakibatkan dari rasa bosan tersebut.

Untuk mengatasi rasa bosan tersebut tenaga pengajar dituntut untuk membuat sistem pembelajaran yang interaktif dan berjalan dua arah sehingga dapat mencegah timbulnya rasa bosan yang dialami oleh para pelajar dan mahasiswa ketika pembelajaran sedang berlangsung. Berikut beberapa solusi untuk mengatasi rasa bosan ketika pembelajaran jarak jauh dilaksanakan

1. Menyesuaikan gaya belajar yang tepat

Menyesuaikan gaya belajar harus dilakukan karena hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap diri kita, apakah diri kita lebih nyaman ketika belajar dalam suasana ramai atau suasana sepi ketika dirumah selain itu dapat menambah kefokusan ssat belajar jarak jauh.

2. Manajemen waktu seefisien mungkin

Bagi para pelajar dan mahasiswa membagi waktu adalah hal yang terpenting agar dapat menjalankan aktifitas secara efisien dan efektif. Atur waktu ketika mengerjakan tugas-tugas agar tidak terus menrus dikejar deadline, karena hal tersebut dapat merusak mood dan menimbulkan rasa malas untuk belajar.

3. Siapkan beberapa cemilan dan minuman saat belajar

Sudah terbukti bahwa cemilan dan minuman dapat menghilangkan rasa bosan, siapkan beberapa cemilan kecil dan minuman seperti kopi, teh, atau susu agar mood tetap terjaga selama  pembelajaran jarak jauh berlangsung.

4. Sediakan waktu untuk menghibur diri

Belajar secara terus menerus dan memaksakan diri untuk tetap belajar sudah pastinya akan menimbulkan rasa bosan yang luar biasa, maka dari itu sediakanlah waktu untuk menghibur diri misalnya bermain games, olahraga atau menonton film melalui platrom bioskop online. Dengan begitu rasa bosan karena belajar online akan perlahan hilang.

Seperti itu beberapa solusi untuk kamu menghilangkan rasa bosan ketika sedang menjalani pembelajaran jarak jauh dari rumah selama masa pandemi covid 19 ini belum berakhir, semoga solusi tersebut dapat membantu menghilangkan rasa bosan yang kamu alami. (IAF)

Tinggalkan Balasan