JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Kuliner Recent Update

Olahan Ketan Kekinian yang Wajib Dicoba

Jurnalikanews- Di masa pandemi ini, segala kegiatan dikerjakan di rumah. Hal ini membuat sebagian orang bosan karena tidak dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti belanja ke mall atau hanya sekedar hangout bareng teman. Namun, untuk sebagian orang yang lain, berada di rumah lebih menyenangkan. Karena mereka dapat melakukan hobi yang selama ini terbengkalai karena kesibukan kerja atau sekolah, seperti berkebun dan memasak. Bagi yang sangat senang memasak, kamu bisa mencoba membuat dua olahan ketan yang sangat lezat dan dapat menjadi santapan saat acara keluarga atau hanya sekadar bersantai. Dua olahan ketan ini adalah black sticky rice cake dan mango sticky rice. Keduanya berbahan dasar ketan namun dengan jenis ketan yang berbeda.

Black sticky rice cake berbahan dasar tepung ketan hitam yang diolah dengan campuran telur, minyak, gula, dan bahan lainnya kemudian dikukus atau dipanggang. Bahan yang digunakan sangat mudah didapatkan serta harganya terjangkau. Pengolahannya juga sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Risiko gagal dari pembuatan black sticky rice cake ini dapat dibilang rendah karena pembuatannya tidak memerlukan teknik yang khusus. Rasa manis yang khas serta tekstur ketan hitam yang sangat dominan membuat kue ini wajib dicicipi. Kue ini cocok dihidangkan untuk acara formal atau hanya sebagai cemilan untuk mengganjal rasa lapar.

Berbeda dengan black sticky rice cake, mango sticky rice berbahan dasar ketan putih dan buah mangga, dihidangkan dengan siraman santan yang manis dan kental. Ketan mangga ini merupakan hidangan penutup yang berasal dari Thailand. Namun, kali ini kamu tidak perlu jauh – jauh ke Thailand untuk menikmatinya, karena olahan ini dapat dibuat di rumah. Bahan yang digunakan dapat ditemui dimana-mana. Proses pembuatannya juga sangat singkat, hanya perlu waktu untuk memasak ketan dan mengolah santan. Irisan buah mangga yang disandingkan dengan ketan berlumur santan membuat rasa manis, gurih, dan segar bercampur menjadi satu. Hidangan ini bisa menjadi pengganti nasi karena cukup mengenyangkan.

Kedua olahan diatas juga dapat dijadikan sebagai ide bisnis bagi sebagian orang yang ingin hobinya menghasilkan uang. Black sticky rice cake dan mango sticky rice terlihat sangat menggiurkan apalagi jika ditambahkan dengan variasi topping yang menarik. Keduanya juga bisa kamu jadikan sebagai bekal atau pemberian kepada orang spesial. Jadi, tunggu apalagi? Selamat mencoba! (FAP)

Tinggalkan Balasan