JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Berita Internal Recent Update

Penutupan Kegiatan OKPK Mahasiswa Politeknik AKA Bogor 2020

okpk
Sumber : OKPK 2020

Jurnalikanews- 28 Agustus 2020 telah berakhir kegiatan Orientasi Kemahasiswaan dan Pengenalan Kampus (OKPK) secara daring yang dimana tempat pelaksanaan utamanya di gedung A Lantai 3 Politeknik AKA Bogor dan untuk kakak pembimbing dan panitia lain bertempat di Aula dan  GOR Politeknik AKA Bogor. Sedangkan Mahasiswa Baru berada dirumah masing-masing dengan menggunakan aplikasi zoom untuk mengikuti kegiatan OKPK tersebut.  Kegiatan ini mengusung tema “Realisasi terbentuknya generasi tangguh yang peduli terhadap dinamika sosial berlandaskan iptek dan imtaq dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi”.

Kegiatan OKPK ini sangat penting karena sebagai gerbang awal bagi mahasiswa baru untuk beradaptasi, bertransformasi serta untuk mengenal jati diri masing-masing sebelum menghadapi dunia perkuliahan serta kehidupan selanjutnya. Selain itu kegiatan Orientasi Kemahasiswaan dan Pengenalan Kampus ini menjadi sebuah wadah dalam menyambut serta mengenalkan elemen-elemen yang terdapat di kampus. Kegiatan Orientasi kemahasiswaan dan pengenalan kampus berlangsung pada pukul 07.30 WIB dan di isi oleh banyak materi secara online mulai dari materi tentang menjadi manusia unggul di Era Industri 4.0, materi keilmuan perprodi, lab tour Politeknik AKA hingga open house setiap komponen yang dimana terdapat OPH 1 dan OPH 2. Dalam kegiatan hari terakhir orientasi kemahasiswaan dan pengenalan kampus ini tidak hanya panitia dan presiden mahasiswa yang terlibat namun terdapat pihak akademik, alumni, dan kelengkapan organisasi Politeknik AKA Bogor serta masyarakat sekitar Politeknik AKA Bogor.

Kegiatan OKPK ini dilakukan secara daring dan masing-masing panitia mengawal agar OKPK tetap berjalan dengan maksimal dan efisien sesuai divisi dengan peran tersendiri. Untuk divisi acara dalam mengawas rangkaian acara dan memastikan berjalan dengan lancar serta melakukan penertiban. Peran kakak pembimbing yang melalui pendekatan diri dengan para mahasiswa baru secara personal, peran hubungan masyarakat yang selalu memberikan informasi tentang okpk kepada orang tua/wali mahasiswa baru, lalu peran pdd yaitu sebagai pembuatan video, feed instagram, dokumentasi dan lain sebagainya dan peran divisi baru yaitu IT support untuk kelancaran kegiatan OKPK secara daring dan untuk melakukan pengembangan sistem daring agar OKPK tetap berjalan dengan maksimal. Kegiatan OKPK ini berjalan dengan lancar, namun karakter dari mahasiswa baru kurang dapat terbentuk tetapi mereka dapat bersifat kompak dan aktif. Terdapat beberapa kendala diantaranya banyak kendala teknis perihal sinyal yang kurang stabil, paket data/wifi yang kurang memadai, lalu lokasi yang berjauhan sehingga waktu istirahat dan sholat menyesuaikan dengan daerah masing-masing. Terlepas dari kendala tersebut, peserta OKPK antusias dalam mengikuti agenda OKPK 2020. (IAA)

Tinggalkan Balasan