JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Recent Update Tips & Trick

Cara Membuat Hand Sanitizer Sederhana Dengan Menggunakan Aloe Vera

Sumber gambar : halodoc.com

Jurnalikanews– Sejak dikabarkan dua orang warga Indonesia terjangkit virus corona pada bulan Maret lalu. Pemerintah terus  mewaspadasi penyebaran virus corona di Indonesia hingga sampai tanggal 31 Agustus 2020 telah terkonfirmasi total kasus yang terinfeksi virus corona sebanyak 174.796 orang. Pemerintah pun telah membuat imbauan khusus kepada masyarakat untuk selalu menjaga jarak, menggunakan masker saat keluar rumah dan lain-lainnya.

Imbauan yang paling penting yaitu untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dengan mencuci tangan pun selalu terdengar lantang. Mencuci tangan yang paling baik sebenarnya adalah dengan menggunakan air mengalir dan sabun. Namun, pada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan, banyak orang yang mengandalkan hand sanitizer. Masalahnya, sama seperti masker, produk hand sanitizer pun mengalami kelangkaan dan kenaikan harga di pasaran.

Hand sanitizer menjadi barang penting yang dibawa oleh masyarakat di tengah pandemi virus Corona ini. Sifatnya yang praktis dan cukup ampuh melindungi dari bakteri dan virus membuat cairan yang mengandung antiseptik ini banyak diburu hingga sulit dicari. Namun jangan khawatir kehabisan hand sanitizer. Untuk menghindari masalah kelangkaan hand santiziter ini, saya akan memberikan tips cara membuat  sendiri di rumah menggunakan aloe vera atau yang biasa disebut lidah buaya. 

Miryam Warhman, seorang professor biologi di William Paterson University memberikan saran terkait pembuatan hand sanitizer. Agar tanganmu gak terlalu kering, kamu bisa menambahkan beberapa tetes kandungan aloe vera di dalamnya selama kandungan alkoholnya gak kurang dari 60 persen. “If you drop below 60 percent, the effectiveness drops very dramatically,” ujarnya.

Lidah buaya memiliki banyak kelebihan, di antaranya dapat melembutkan kulit, melembapkan dan memiliki kandungan antiseptik yang dapat membunuh bakteri. Namun, untuk meningkatkan keefektifannya menghalau virus Corona, aloe vera harus dikombinasikan dengan bahan lainnya.  Berikut langkah mudah membuat hand sanitizer dari aloe vera atau lidah buaya: 

Bahan yang dibutuhkan:

1. 1/4 cup aloe vera gel 

2. 160 ml alkohol 70 persen 

3. 10 tetes minyak essensial

4. 1/2 sendok teh minyak vitamin E (opsional)

5. 1 botol spray berukuran kecil

Cara membuat :

1. Campurkan gel lidah buaya, minyak vitamin E dan alkohol 70 persen di mangkuk kecil (pastikan mangkuk bersih dan steril)

2. Tambahkan minyak essensial 

3. Aduk hingga merata 

4. Gunakan pipet bersih agar mudah memasukkan campuran bahan tersebut dalam botol steril

5. Kocok isi botol

Untuk menjaga hand sanitizer agar tetap higienis, jangan sentuh bahan campuran dengan tangan sampai siap digunakan. Selain itu, menurut WHO, hand sanitizer baru dapat digunakan setelah 72 jam dibuat. (Kos)

Sumber :

https://www.halodoc.com/artikel/begini-cara-buat-hand-sanitizer-sendiri-sesuai-formulasi-who diakses pada tanggal 1 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB

https://covid19.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/info-corona-virus/situasi-terkini-perkembangan-coronavirus-disease-covid-19-1-september-2020/#.X03dQsgzbIU diakses pada tanggal 1 Agustus 2020 pukul 12.20 WIB

https://www.idntimes.com/life/diy/tyas-hanina-1/step-diy-hand-sanitizer-semprot/5 diakses pada tanggal 1 Agustus 2020 pukul 12.30 WIB

Tinggalkan Balasan