JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Berita Internal

Sidang Himpunan Mahasiswa Analisis Kimia (HIMA ANKIM)

Jurnalikanews – Sabtu, 29 Agustus 2020 sedang berlangsung kegiatan Sidang Himpunan Mahasiswa Analisis Kimia (HIMA ANKIM) yang bertujuan untuk memaparkan laporan pertanggungjawaban Ketua Himpunan Analisis Kimia Periode 2019/2020 dan pemilihan Ketua Himpunan Analisis Kimia Periode 2020/2021. Sidang dimulai pada pukul 9.22 WIB yang dibuka oleh Nauval Fauzan selaku Pimpinan Sidang Sementara 1 dan dilanjutkan dengan pembacaan tilawah yang dibacakan oleh Nova Ardiansyah selaku Pimpinan Sidang Sementara 2. Sidang ini dilaksanakan melalui google meet dan dihadiri oleh masing-masing perwakilan kelas.

Sidang HIMA sendiri merupakan mekanisme pengambilan keputusan tertinggi di tingkat HIMA yang bertujuan melaporkan pertanggungjawaban dari ketua HIMA selama satu periode. Agenda pada sidang ini dimulai dengan Pembukaan, kemudian Pembahasan, Penetapan dan Pengesahan Agenda dan Tata Tertib. Kemudian dilanjutkan dengan Pembahasan, Penetapan dan Pengesahan Pimpinan Sidang Tetap hingga didapatkan Naufal Fauzan sebagai Pimpinan Sidang Tetap 1, Nova Ardiansyah sebagai Pimpinan Sidang Tetap 2 dan Gilang Deka Pratama sebagai Pimpinan Sidang Tetap 3.

Selanjutnya merupakan pemaparan laporan pertanggungjawaban yang disampaikan oleh Sandy Sugiandi selaku Ketua Himpunan Analisis Kimia Periode 2019/2020 dan dilanjutkan dengan pemaparan oleh Maulana Ramadhan selaku Wakil Ketua Himpunan Analisis Kimia Periode 2019/2020. Laporan Pertanggungjawaban Ketua dimulai dengan Pendahuluan yaitu visi dan misi HIMA ANKIM, penjabaran dari masing-masing divisi berupa deskripsi, pencapaian dan evaluasi. Penjabaran divisi dimulai dari Kesekretariatan, Kebendaharaan, PSDM, PKM, Humas, Medin dan KWU.

Laporan pertanggungjawaban diakhiri dengan sesi tanya jawab yang dimulai pada pukul 14.12 WIB.  Setelah tidak ada lagi pertanyaan dari forum dilanjutkan dengan pembacaan konsideran untuk mengesahkan laporan pertanggungjawaban ketua HIMA Analisis Kimia Periode 2019/2020. Di akhir pemaparan Laporan Pertanggungjawaban, Sandy Sugiandi selaku Ketua memberikan pesan kepada adik tingkatnya di HIMA ANKIM agar lebih dapat kompak dan aktif dalam forum.

Agenda selanjutnya yaitu Pemilihan Ketua Himpunan Mahasiswa Analisis Kimia yang dimoderatori oleh Maulana Ramadhan. Pemilihan Ketua ini dibuka dengan sesi mencalonkan diri selama 1 menit dan sesi dicalonkan selama 1 menit, hingga didapatkan 2 bakal calon yaitu Naufal Fauzan dan Nova Ardiansyah. Kedua calon diuji oleh beberapa orang panelis dengan 7 parameter, diantaranya visi misi, inovasi dan program kerja; problem solving; landasan HIMA bergerak; pengetahuan IKAHIMKI; evaluasi HIMA; pengetahuan ke-IMAKA an; dan pengetahuan RUU HIMA.

Bakal calon memasukki ruang google meet satu persatu dimulai dengan penjabaran visi misi selama 5 menit yang dilanjutkan dengan tanya jawab dari forum dan pemberian pertanyaan-pertanyaan yang telah ditentukan oleh panelis. Setelah itu, panelis memberikan penilaian dan forum menyampaikan pendapat dan usul terkait kedua bakal calon. Pemilihan Ketua Himpunan Mahasiswa Analisis Kimia ini berlangsung hingga pukul 22.15 WIB dan di pending hingga Rabu, 30 Agustus 2020 Pukul 09.00 WIB. Musyawarah dilanjutkan pada pagi harinya didapatkan hasil diskusi dan musyawarah sepakat menjadikan Nova Ardiansyah sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Analisis Kimia Periode 2020/2021. Dengan demikian menandakan berakhirnya kabinet HIMA ANKIM Transformasi. (NPA/SM)

Tinggalkan Balasan