PERSIAPAN PEMBUKAAN D4 PRODI TEKNOLOGI REKAYASA KEMASAN POLITEKNIK AKA BOGOR

d4
Jurnalikanews– Politeknik AKA Bogor akan memiliki prodi baru, yaitu prodi Teknologi Rekayasa Kemasan dengan  jenjang Diploma 4. Lokasi gedung prodi ini terletak di sebelah Gedung auditorium. Pembangunan Gedung ini telah berlangsung sejak tahun 2017, dan hingga sekarang persentase  pembangunan  gedung tersebut telah mencapai 90 % dengan kontrak akan selesai pada 25 November 2018. “ Progres pembangunannya sekarang tinggal pemasangan kaca dan finishing, Namun bila tidak selesai maka sisa pekerjaan tersebut akan dikenakan denda kepada kontraktor terkait keterlambatannya. Untuk waktu nya diberi kesempatan selama 50 hari”. Ujar Pak Chandra Irawan.,M.Si selaku Pembantu Direktur 1 Politeknik AKA Bogor.  Terkait dengan kurikulum prodi ini, Pak Chandra Irawan  mengatakan bahwa kurikulum sedang disusun dan sedang  disesuaikan kembali oleh para dosen terkait. “ Mudah-mudahan sih kurikulum ini selesai jadi nanti tanggal 8 Desember kita akan ada rapat industri untuk mempresentasikan kurikulum dari kita, nanti kita terima masukan dari berbagai industri dan instansi terkait dan kita susun kembali baru diberikan kembali ke Pusdiklat.” Ujarnya.
Kurikulum pada prodi Teknologi Rekayasa Kemasan ini memiliki persentasi 70 % praktik dan 30% teori serta menggunakan sistem blok dan dual system. “ Untuk dual system direncanakan semester satu hingga semester 4 dikampus, semester 5 magang, semester 6 dikampus, semester 7 magang kembali, dan Semester 8 tugas akhir. Untuk tugas akhir bukan dalam bentuk laporan, tapi dalam bentuk pembuatan produk” jelas Pak candra
Tenaga Pengajar untuk prodi ini direncanakan akan memiliki tujuh dosen tetap. Pihak akademik berharap  agar dapat mengambil tenaga pengajar dari Industri dan pada tahun 2020 kita akan mengambil dosen tetap dari BLU. “Mungkin juga kita bisa mengambil tenaga S2 dari Indsutri atau tenaga yang memiliki kualifikasi terkait ilmu bahan” tambah beliau.
d42
Perihal prodi ini direncanakan akan dibuka mulai tahun depan, namun ada sedikit perbedaan pada tahap seleksi, yaitu tes masuk prodi ini tidak dengan melalui raport, melainkan dengan tes. Pak Candra menjelaskan bahwa dalam tes ini harus ada tes tentang mendesain kemasan. Untuk mahasiswa yang diterima masih sekitar 30 orang mahasiswa. Bagi alumni polilteknik AKA yang ingin melanjutkan studi ke prodi ini dapat diterima setelah satu angkatan telah lulus dari prodi ini. (GEUM/FAN)

Tinggalkan Balasan