JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Berita Internal

FOSIL: Berbagi Bahagia, Eratkan Ukhuwah

Jurnalikanews- Forum Silaturahim atau disingkat FOSIL merupakan acara yang diadakan oleh Pelaksana Program Beasiswa Yatim Dhuafa ( PPBY ) Politeknik AKA Bogor. Kali ini FOSIL mengangkat tema “ Berbagi Bahagia, Eratkan Ukhuwah”. Acara yang dilaksanakan di Aula Politeknik AKA Bogor mulai pukul 14.00 hingga selesai ini dihadiri oleh adik-adik asuh beserta orang tuanya, dan tamu undangan lainnya. Tujuan diselenggarakannya FOSIL ialah untuk menjaga tali silaturahmi antara kakak-kakak asuh dari PPBY dengan adik asuh beserta keluarganya. Namun, inti dari acara ini adalah wisuda bagi adik-adik asuh dan pengangkatan adik asuh baru.
“Pada periode ini, InsyaAllah ada 23 adik asuh yang akan diangkat dan ada 4 orang yang diwisuda” ucap Dimas Cahyo Prabowo selaku Mas’ul PPBY periode 2018/2019.  Menurut keterangannya, Adik asuh yang diwisuda adalah adik-adik asuh yang sudah tamat SMA/SMK sederajat yang sudah dianggap mampu untuk mandiri baik dari faktor usia maupun pendidikan. Sedangkan adik-adik asuh yang akan diangkat merupakan adik-adik yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh PPBY. Kriteria tersebut antara lain adalah yatim dhuafa, pendidikan, kondisi keluarga, rumah, dan pekerjaan atau penghasilan orang tua.
IMG_1529Pengangkatan adik asuh juga tidak singkat. PPBY mencari calon adik-adik asuh dengan mensurvei melalui RT/RW setempat, kemudian diseleksi lagi hingga terpilih calon adik asuh yang akan diangkat pada Forum Silaturahim ini. Setelah diangkat, adik-adik asuh juga harus melaksanakan kewajiban yang telah ditetapkan oleh PPBY. Kewajiban adik asuh ada tiga, yaitu Meningkatkan potensi tiap semester, mengikuti seluruh kegiatan dan peraturan yang dibuat oleh PPBY dan menggunakan dana yang diberikan dengan baik dan benar. Jika adik-adik asuh tidak melaksanakan kewajiban dan tidak lagi memenuhi syarat-syarat adik asuh yang telah dibuat maka pada periode selanjutnya PPBY berhak memberhentikan adik asuh. Sedangkan adik asuh yang melaksanakan kewajiban dengan baik, dan mengikuti semua aturan yang berlaku akan direkomendasikan untuk menjadi adik asuh di periode selanjutnya.
Harapan dari acara ini adalah memperkuat internal PPBY dan semoga kebijakan yang telah dibuat diterima oleh keluarga adik asuh, ucap Dimas selaku Mas’ul PPBY. Dony sebagai ketua pelaksana Forum Silaturahim menambahkan, “Harapan dari FOSIL ini adalah untuk saling mengenal dan memperkuat ukhuwah antara adik asuh, keluarga adik asuh, PPBY dan juga alumni”. (SAL/lz)