JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

7 Pesona Geopark Ciletuh Sebuah Persembahan Alam Untuk Dunia

7-Pesona-Geopark-Ciletuh-Sebuah-Persembahan-Alam-Untuk-Dunia (1)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Jurnalikanews-  Banggalah jadi warga Sukabumi, bagaimana tidak? Geopark Ciletuh Sukabumi masuk ke dalam jajaran “Nasional Geopark Of Indonesia” Oleh UNESCO dan terdaftar pula untuk dinaikan statusnya menjadi “Global Geopark”. Geopark ini merupakan salah satu lokasi wisata alam yang terbentuk dari keajaiban alam. Berlokasi di kawasan Ciletuh, Sukabumi, Geopark pertama di Jawa Barat ini memiliki keindahan alam yang sungguh luar biasa. Apa saja Yang Menarik dari Geopark Ciletuh ini? Berikut 7 Pesona Geopark Ciletuh Persembahan Alam Untuk Dunia:

  1. Geopark pertama di Jawa Barat dan berstatus Nasional Geopark Of Indonesia oleh UNESCO

Konsep Geopark sendiri mengacu pada pengembangan kawasan yang memberikan pengaruh terhadap konservasi, edukasi, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Menutut pakar geopark dari UNESCO, Prof. Guy Martini mengatakan, Ciletuh ini sangat berpotensi untuk bisa menjadi “Global Geopark” ketiga di Indonesia, baru ada Gunung Batur di Bali dan Geopark Gunung Sewu yang menjadi “Global Geopark” atau Geopark Internasional di Indonesia.

  1. Kawasan dengan batuan tertua yang ada di Pulau Jawa

Menurut para ahli geologi yang pernah meneliti Geopark Ciletuh Sukabumi, tempat ini adalah salah satu kawasan dengan batuan tertua yang ada di Pulau Jawa, maka dari itu UNESCO menetapkan Kawasan ini sebagai Georpark atau taman dunia. Disebutkan juga kalau tempat ini dahulu sebenarnya adalah laut, namun kini telah terangkat dari bawah laut, dan kemudian terkenal dan terbentuk batuan yang sangat cantik.

  1. Puncak darma perpaduan hamparan laut dan daratan yang membentuk landscape cantik tiada duanya.

 
Ketika mengunjungi Geopark Ciletuh dan ingin menikmati pemandangan sebagian besar wisata alam di Geopark ini, coba kunjungi Puncak darma. Di kawasan ini perpaduan Hamparan laut samudra Hindia dan daratan di Teluk Ciletuh yang membentuk Landscape cantik tiada duanya.

  1. Hamparan batu karang yang terbentuk jutaan tahun

Geopark Ciletuh ini memang tempat wisata keren di Jawa yang menawarkan pemandangan hamparan batu karang laut serta beberapa air terjun pegunungan yang cantik. Jadi, di Geopark yang ada di Sukabumi ini kalian bisa menikmati pemandangan alami yang ditawarkan, lengkap dari gunung, air terjun dan lanskap cantik yang berlatar belakang laut.

  1. Kawasan ini dimanjakan dengan 9 air terjun

Lokasi ini juga sering di sebut taman 1001 Curug, bagaimana tidak, di satu kawasan terdapat 9 Air terjun dengan keunikan dan ke khasannya masing masing. Berikut adalah air terjun yang terdapat di kawasan Ciletuh Geopark Sukabumi. Curug Awang, Curug Tengah, Curug Puncak Manik, Curug Cikanteh, Curug Ngelai, Curug Sodong, Curug Dogdog, Curug Nyelempet dan  Curug Cimarinjung.

  1. Hamparan Pegunungan Yang Hijau

Geopark Ciletuh terletak di barat daya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia, dengan cakupan area seluas 126,000 Ha, atau 1.260 km2. Hebatnya, Geopark ini membentuk hamparan pegunungan dengan dataran tinggi jampang yang terbentuk dari subduksi geofisik magma.

  1. Diangkat sebagai Destinasi Wisata Alam Internasional

Sejak ditetapkan statusnya sebagai “Geopark Nasional” Oleh UNESCO, akhir-akhir ini nama Geopark Ciletuh mulai menanjak, bukan hanya di kancah nasional, namun pengunjung dari berbagai negara datang ke lokasi wisata ini. Akses Jalanan menuju ke tempat wisata di Sukabumi yang keren ini kini telah dibangun oleh Pemprov beserta Pemda setempat, jadi kalian bisa menggunakan kendaraan hingga ke beberapa spot tertentu. Untuk sahabat yang ingin berkunjung ke taman Nasional Geopark Ciletuh, alamatnya tepat berada di Kecamatan Ciemas, Sukabumi. Lokasinya sendiri tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta. Untuk menuju ke lokasi ini dibutuhkan waktu kurang lebih tiga jam perjalanan darat. (MR)
 
Sumber: lyceum.id