JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update

Nutrisi Penting Untuk Pelari

Lari
Jurnalikanews- Lari merupakan salah satu olahraga yang bagus untuk membakar lemak,,maka dari itu tidak heran,banyak sekali saat ini orang-orang melakukan olahraga lari untuk menjaga kesehatan dan berat badan.
Tapi, sekarang ini para pelari juga belum banyak yang tahu hal-hal penting untuk seorang yang rutin melakukan lari. Hal tersebut adalah nutrisi yang diperlukan untuk pelari. Ada tiga nutrisi yang dibutuhkan oleh seorang pelari untuk menjaga kesehatan nya.
Apa saja sih nutrisi tersebut?

  1. Karbohidrat

Apabila kita berlari dengan intensitas tinggi dan tanpa memerhatikan kecukupan   karbohidrat,maka itu sama saja kita mengendarai mobil tanpa disertai bahan bakar, walaupun kita sudah meminum minuman berenergi, tetapi asupan energi yang baik yaitu merupakan dari karbohidrat yang memiliki nilai gizi, contoh dari karbohidrat yang baik yaitu ubi jalar, singkong, gandum, dan nasi.

  1. Zat Besi

Nutrisi yang harus dipenuhi selanjutnya yaitu zat besi. Zat besi sangat berguna untuk pembentukan sel darah merah, yang berfungsi mengikat oksigen ke dalam otot.
Saat berlari, otot sangat memerlukan zat besi yang memadai. Kita dapat mendapatkan asupan zat besi dari kacang-kacangan, ikan, daging merah, bayam, dan tahu

  1. Sodium

Nutrisi ketiga yaitu sodium. Sodium sangat penting untuk seorang pelari karena bisa memenuhi kekurangan cairan tubuh.
Bagi orang yang keringat nya terasa asin, maka sodium sangat dibutuhkan, ciri-ciri orang yang memiliki keringat asin yaitu apabila air keringat terkena mata, maka mata akan terasa perih.
Kita dapat mendapatakan asupan energi dari roti, sup, keju, dan minuman berenergi.
 
Demikian ke-3 nutrisi yang harus dipenuhi oleh pelari aktif dan rutin, jangan hanya karena ingin tubuh yang sehat lalu melalaikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, karena tubuh membutuhkan nutrisi untuk menjaga ketahanan tubuhnya. (Evan)
Sumber : https://sepedaku.org/contoh-artikel/