JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

AKA Hari Ini Berita Recent Update

Perlunya CCTV di AKA

IMG_9051Jurnalikanews- CCTV atau Closed Circuit Television adalah penggunaan kamera video untuk mentransmisikan sinyal video ke tempat spesifik dalam beberapa set monitor. Kemajuan teknologi saat ini tidak hanya untuk memantau secara langsung lewat monitor, tetapi sudah dilengkapi sistem perekam kamera CCTV dengan menggunakan media penyimpan Hard Disk. Kamera CCTV dibuat untuk keperluan pengawasan keamanan serta untuk antisipasi tindak kejahatan kriminal, pencurian, dan banyak hal lainnya yang tidak diinginkan. Terlebih di kampus Politeknik AKA Bogor ini pun pernah mengalami hal seperti itu, yakni kehilangan tas, laptop, dan sebagainya di Masjid Nuroh Al-Jabar (NAJ) saat acara Job Expo lalu. Sehingga untuk meminimalisir terulangnya kejadian tersebut, maka dipasang CCTV di sekitar NAJ. CCTV tersebut menjangkau pintu depan NAJ dan tempat parkiran motor.
Menurut Fatarizky selaku Presiden Mahasiswa, CCTV perlu dipasang di laboratorium instrumen dan gedung baru karena terdapat barang-barang yang harganya tidak murah sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan dapat tertelusur. Selain itu, dengan adanya CCTV dibeberapa spot diharapkan dapat mengawasi sekaligus memantau mahasiswa agar tidak melanggar kode etik mahasiswa khususnya tidak merokok di wilayah kampus.
Penggunaan CCTV sangat efektif dan efisien karena dapat dijadikan bahan bukti yang otentik bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Bukti dapat diputar ulang di komputer dan DVR (Digital Video Recorder). Selain itu petugas keamanan sudah tidak harus berkeliling di area yang luas dan lama. CCTV juga membantu dalam mencegah atau mengidentifikasi penyusup atau orang asing yang masuk sehingga dapat meningkatkan keamanan kampus.
Pihak akademik akan mengevaluasi terlebih dahulu apakah benar-benar diperlukan adanya penambahan pemasangan CCTV.
“Solusi lain untuk menjaga keamanan adalah dari kesadaran diri sendiri, seperti tidak meninggalkan barang-barang di sembarang tempat contohnya ketika di lab simpan barang-barang di loker yang telah disediakan,” ujar Tita selaku Kesma BEM. (Ln/JL)