JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update

BENTENG PENINGGALAN BELANDA

Benteng Belanda      Jurnalikanews_Wisata merupakan salah satu hiburan yang biasanya kita lakukan saat liburan panjang. Karenanya, hal tersebut bisa membuat pikiran kita menjadi lebih fresh. Maka dari itu, wisata juga penting untuk kita lakukan disaat ada waktu luang.

Jepara merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Walaupun hanya daerah yang kecil, namun memiliki banyak wisata alam yang indah dan sangat menyegarkan mata saat kita melihat ataupun menikmatinya. Salah satu dari sekian banyak wisata yang berada di daerah Jepara yaitu “BENTENG PORTUGIS”.

Benteng Portugis ini terletak di Desa Banyumanis Kecamatan Donorojo atau 45 km di sebelah timur laut Kota Jepara. Benteng Portugis ini memiliki banyak hal yang menarik yang perlu kita kunjungi ketika sedang berada di daerah Jepara. Selain berwisata, kita juga bisa belajar sejarah tentang wisata tersebut.

Benteng ini merupakan salah satu tempat peninggalan dari jaman penjajahan Belanda pada tahun 1619. Disana kita bisa tahu banyak hal yang belum pernah kita ketahui sebelumnya. Benteng ini berupa reruntuhan tembok yang berbentuk persegi empat yang terletak di atas bukit tepat di seberang Pulau Mandalika. Di dalam tembok berupa lahan kosong yang ditumbuhi beberapa pepohonan yang sengaja dibiarkan untuk tempat berteduh para pengunjung dan menikmati pemandangan pantai. Selain itu, terdapat beberapa replika meriam yang ditempatkan di sisi utara dan timur benteng yang berbatasa langsung dengan laut lepas.

Fasilitas yang ada di Benteng Portugis salah satunya adalah villa penginapan yang bisa dijangkau dengan harga yang lumayan murah. Selain harga yang lumayan murah, tempatnya juga sangat strategis dan kita bisa bisa melihat banayak pemandangan yang ada di sekitar pantai. Faslitas lain yang ada di Benteng Portugis yakni rumah portugis, mushala, dan pantai yang sangat indah.

Spot yang terbaru di Benteng Portugis sangatlah banyak dan beraneka macam. Untuk bisa memasuki benteng tersebut kita tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, kita bisa menikmati wisata tersebut dengan harga yang cukup murah, yaitu dengan membayar biaya masuk sebesar Rp. 5.000-. (Nisa)