JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Hiburan Recent Update

Setelah Sekian Lama Perjalanan, Kita Masih di Indonesia?

masih indonesia 2Jurnalikanews-Sudah menjadi pengetahuan umum bagi masyarakat, bahwa Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terluas yang ada di dunia. Namun, mungkin tidak semua sadar bahwa sebenarnya Indonesia bukan hanya tentang seberapa luas atau seberapa banyak pulau yang dimilikinya, tetapi juga tentang apa potensi dibalik itu semua. Faktanya, Indonesia memiliki luas wilayah sebesar 1.904.569 km² dengan jumlah pulau sebanyak 17.508 pulau. Bayangkan saja, berapa banyak potensi alam yang terkandung di dalamnya.

Mulai dari Sabang sampai Merauke, mungkin tak terhitung jumlah tempat wisata alam yang dihadirkan ditiap tempatnya. Tak hanya itu, wisata alam yang kita punya tentu tak kalah saing dengan negara-negara lain. Bahkan, turis asing pun terkesima dengan semua keragaman yang kita miliki di Indonesia. Tak sedikit dari mereka yang rela berkeliling kota demi tempat wisata baru tiap harinya. Ibaratkan saja hari ini, turis asing sedang menikmati pesona alam di Gunung Tangkuban Parahu di Bandung dan esok harinya mereka hendak pergi ke Desa Sade yang ada di Lombok. Maka, perjalanan yang harus ditempuh adalah sekitar 1 jam 50 menit dengan pesawat. Lalu, beberapa hari kemudian mereka pergi ke Raja Ampat menggunakan pesawat dan memakan waktu sekitar 14 jam lamanya. Hal yang unik adalah, ketika mereka kemudian berpikir, “Are we still in Indonesia?

Setelah memakan waktu yang begitu lama, bahkan sudah menggunakan pesawat terbang sekalipun. Jawabannya adalah, ya. Mereka (para turis asing) masih berada di Indonesia. Pernyataan ini tentu membuka pandangan bagi kita bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya. Kaya akan lautan, kaya akan daratan, dan kaya akan wisata alam. Bagi para turis asing, apalagi yang baru pertama kali menjelajahi Indonesia, mungkin akan terasa asing. Sebagai contoh, mereka yang tinggal di benua Eropa, Amerika, maupun sekitarnya, pasti berpikir bahwa mereka sudah seharusnya berada di negara lain ketika berpergian dengan pesawat yang memakan waktu hingga berjam-jam lamanya.

Destinasi dari Lombok menuju Raja Ampat memakan waktu kira-kira 14 jam dengan pesawat terbang. Kedua tempat tersebut masih berada di Indonesia. Namun, dengan kereta cepat, jarak antara Amsterdam hingga Prancis hanya perlu ditempuh dengan waktu kurang lebih 3 jam saja. Apakah kedua tempat tersebut masih berada di satu negara yang sama? Tentu tidak. Hal inilah yang kemudian menjadi daya tarik bagi Indonesia, khususnya di bidang pariwisata, bahwasannya Indonesia memiliki potensi alam yang sangat besar dan harus bisa dikelola dengan sangat baik. Semua yang kita butuhkan, tersedia di Indonesia. Tugas kita adalah tinggal bagaimana kita mengelola, menjaga, dan melestarikannya. Jangan sampai harta yang kita miliki ini direnggut oleh oknum-oknum yang hanya ingin memperkaya diri semata.

masih indonesia

Sumber Foto : – www.vebma.com

                           – www.galena.co.id

(MuthiaKemalaDewi_ITB/Bandung_WisataAlam)