JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Hiburan Recent Update

Eksotisme Pulau Cinta Gorontalo, Pulau Romantis di Boalemo

Jurnalikanews-Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, sehingga tidak heran apabila kekayaan alam di Indonesia sangat melimpah. Salah satu bentuk kekayaan alam Indonesia berupa bentangan pulau-pulau yang begitu mempesona. Saat ini, Pulau Bali dan Lombok masih menjadi primadona para wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara untuk berlibur. Selain Bali dan Lombok, Gorontalo ternyata juga menyimpan keindahan alam berupa pulau-pulau yang sangat memukau dan menarik untuk dikunjungi salah satunya yaitu Pulau Cinta yang berlokasi di Kecamatan Talimuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

Sesuai dengan namanya yaitu Pulau Cinta, pulau ini berbentuk seperti hati. Penampakan Pulau Cinta yang diambil dari satelit terlihat sebuah pulau kecil berupa gundukan pasir berbentuk hati. Karena bentuknya yang unik itulah sehingga semakin menambah keromantisan pulau ini. Pulau Cinta tidak hanya menyuguhkan wisata pantai saja tetapi disini juga disewakan penginapan nan romantis yang biasanya dapat dijadikan sebagai tempat honeymoon. Di sekitar pulau ini berdiri 15 resort kayu kelas dunia. Resort tersebut terlihat unik karena dibangun melingkar membentuk lambang cinta. Resort mengapung yang berada di tengah pantai dengan jembatan memanjang yang terbuat dari kayu menambah suasana yang berbeda saat kita bermalam di pulau iniindonesia surga 2

Sumber foto: https: //cdns.klimg.com/dream.co.id/resources//real/2016/06/02/88450/pulo-cinta.jpg

Banyak aktivitas dan keseruan yang dapat kita nikmati ketika berkunjung ke Pulau Cinta. Yang pertama, kita tidak boleh melewatkan untuk berkeliling menikmati pulau-pulau kecil di Teluk Tomini dengan menaiki perahu. Dengan hanya sekitar satu jam, para wisatawan dapat mengelilingi pulau-pulau indah yang tak berpenghuni di sekitar Pulau Cinta tersebut. Para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dengan hanya kurang dari satu jam perjalanan. Kedua, kita dapat melakukan kegiatan snorkeling dan diving untuk melihat keindahan dan keanekaragaman hayati bawah laut yang masih sangat alami. Airnya yang sangat jernih membuat kita tidak perlu menyelam telalu dalam, cukup beberapa meter menyelam saja kita dapat melihat berbagai macam terumbu karang dan biota laut yang begitu menakjubkan. Kekayaan alam bawah laut ini muncul dikarenakan Pulau Cinta terletak di Teluk Tomini, teluk terbesar di Indonesia yang diapit oleh 3 provinsi yaitu Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Sulawesi Utara. Teluk Tomini merupakan bagian dari jantung segitiga terumbu karang dunia (heart of coral triangle), sehingga banyak ilmuwan dari marine biology menyebutnya sebagai surga underwater dan rumah bagi semua jenis ikan.

gorontalo 2

Sumber foto: https://gorontalotravel.files.wordpress.com/2013/04/2427658orig.jpeg?w=768&h=512

Ketiga, kita bisa sekedar bersantai atau berjemur di teras resort maupun tepi pantai untuk menikmati hamparan pasir putih yang halus. Udara pada pagi hari yang segar ditambah dengan suasana pantai yang sepi dan tenang dapat menjadi pengusir penat dari rutinitas pekerjaan sehar-hari. Melihat begitu banyaknya keindahan dan kenyamanan yang dapat dinikmati di Pulau Cinta, maka tidak salah apabila pulau ini menjadi destinasi tujuan wisata untuk berlibur dengan mengajak keluarga ataupun bagi pasangan yang ingin menikmati romantisme honeymoon. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk berlibur, jika Pulau Cinta di Indonesia tak kalah indah dan eksotis.

 

(Rani Rismayani_UGM_Wisata Alam)